info bekasiSejarah

14 September 2020: Hari Kunjungan Perpustakaan, Bagaimana Perpustakaan Saat Pandemi?

440kali dibaca

Hai Bekasinians!

Perpustakaan merupakan sebuah tempat yang menjadi sarana bagi manusia untuk membuka cakrawala, pengetahuan tak terbatas yang terselip di setiap halaman buku-buku yang bersarang di dalamnya. Pada zamannya—sebelum ada mesin pencari “Google”—orang-orang yang kebingungan akan mampir ke perpustakaan untuk mencari jawaban atas ketidaktahuannya. Nah setelah dari perpustakaan, niscaya pikiran yang tadinya berkabut akan diganti dengan pelangi pengetahuan yang merekah.

Gambar 1. Perpustakaan adalah sumber ilmu

Bekasinians, tahu gak sih kalau Kota Bekasi juga punya perpustakaan daerah yang dapat dikunjungi oleh masyarakat untuk membaca buku-buku yang ada di sana. Perpustakaan itu terletak di Jl. Rawa Tembaga III Nomor 4 Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan. Letaknya persis bersebelahan dengan Kantor Telkom, belakang Gedung BCA Kota Bekasi, serta masih dalam satu kompleks dengan kantor Wali Kota Bekasi. Karena tempatnya yang agak tersembunyi, memang banyak warga Bekasi yang tidak tahu tentang keberadaan tempat ini Beks.

Gambar 2. Perpustakaan Kota Bekasi

Hari ini (14/09) adalah Hari Kunjungan Perpustakaan, jadi kita bahas dulu sejarahnya ya Beks. Hari Kunjungan Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Tujuannya, untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang tergolong masih rendah. Hari Kunjungan Perpustakaan digalakkan melalui surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995 kepada presiden RI kala itu, Soeharto.

Pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan dilakukan di Banjarmasin. Ide tersebut lahir dari pemikiran Mastini Hardjoprakoso yang juga memiliki kedekatan dengan Ibu Negara Tien Soeharto. Mastini Hardjoprakoso merupakan Kepala Perpustakaan Nasional pertama yaitu pada tahun 1980-1998, Nah dari situlah ide akan Hari Kunjung Perpustakaan bisa dilaksanakan saat ini.

Gambar 3. Perpustakaan Nasional harus ditutup karena Covid-19

Tapi dikarenakan pandemi yang terjadi di tahun ini, banyak perpustakaan yang akhirnya harus ditutup. Hal ini dikarenakan perpustakaan merupakan tempat dimana banyak orang harus duduk diam untuk beberapa lama untuk membaca dan juga buku-buku yang dipegang banyak orang tentu diragukan kebersihan. Semoga pandemi bisa secapatnya berakhir, agar kita bisa kembali mengunjungi perpustakaan untuk menghabiskan waktu luang dengan membaca banyak buku.

Itu dia Beks, info-info tentang Hari Kunjungan Perpustakaan buat kamu. Ngomong-ngomong, kasih Minbek referensi buku-buku yang wajib dibaca dong.. Terutama novel ya hahaha Minbek suka banget baca novel.

Sampai jumpa di post berikutnya ya! Dadahh!

Sumber: analisa.id, republika.id.

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.