Informasi

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia : Pentingnya Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

300kali dibaca

Hallo Bekasinians!

Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Tujuan dari diperingatinya hari tersebut adalah untuk mempromosikan advokasi kesehatan jiwa sekaligus mendidik publik tentang isu-isu yang relevan.

Sejak dulu banyak orang yang kurang peka terhadap pentingnya kesehatan mental. Ungkapan seperti “kamu kurang iman” atau “kamu hanya melebih-lebihkan masalah” sering kali dilontarkan kepada mereka yang memiliki permasalahan pada diri mereka. Hal ini pula yang menegaskan bahwa gangguan mental masih dianggap menjadi sesuatu yang tabu.

Berdasarkan pada data Riskesdas tahun 2018 diketahui bahwa 7 dari 1000 Rumah Tangga terdapat anggota keluarga dengan Skizofrenia/Psikosis, lebih dari 19 juta penduduk usia di atas 15 tahun terkena gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta orang berusia di atas 15 tahun diperkirakan mengalami depresi. Dari data ini menunjukan bahwa gangguan kesehatan mental di Indonesia masih sangat tinggi dan memerlukan upaya untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Di masa pandemi yang melanda seluruh negeri, ternyata bukan hanya berdampak pada segi ekonomi tapi juga mempengaruhi kondisi kesehatan mental masyarakat. Bukan hanya klaster virus yang bertambah, tapi orang dengan gangguan kesehatan mental juga semakin banyak.

Kondisi mental yang menurun dapat membuat hilangnya rasa aman serta mempengaruhi daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan. Adapun gejala yang dirasakan ketika seseorang mulai mengalami penurunan kondisi mental biasanya seperti stres, panik, khawatir hingga gangguan pada pola kebiasaan seperti makan atau tidur.

Oleh sebab itu, diperlukan upaya dan kesadaran kolektif untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental, dan hal ini bisa dimulai dari diri kita sendiri. Peningkatan kesehatan mental dapat dimulai dengan mengenal dan peka terhadap diri sendiri, menjaga pola hidup sehat, pengelolaan stress yang baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, melakukan kegiatan yang positif serta mendekatkan diri kepada Tuhan.

Satu hal yang harus kamu ingat : Kamu tidak pernah sendiri.

Banyak sekali orang baik di luar sana yang siap mengulurkan tangannya untuk membantumu kapanpun. Meminta bantuan bukan berarti kamu lemah, tunjukan kalau kamu pejuang sesungguhnya.

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Bekasinians. Jangan lupa bersyukur, agar kebahagiaan dapat kamu rasakan❤️

 

Penulis : Nia Aulia Kurniati

Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response