Life Style

Anti Ribet! Lakukan Hal ini Untuk Usir Rasa Malas Buat Kaum Rebahan

129kali dibaca

Holla Bekasinians!

Gak bisa dipungkirin sih emang selama di rumah aja bikin kita jadi mager alias males gerak, dan membuat kita enggan berpaling dari pesona buaian nyaman tempat tidur.

Eiiitts, tapi kalau kaya gitu terus, kapan dong tugas kerjaannya selesai? Kalau cuma di pikirin, kerjaan bukannya abis malah makin tambah banyak deh, Beks. Secara kerjaan gak mungkin selesai sendirinya kalo bukan kita yang kerjain kan?

Makanya mending move on dari tempat tidur yuk dan segera hilangin rasa malas dengan cara-cara di pembahasan berikut ini.

1. Ubah Kata Negatif mu menjadi Positif

Berjalannya tubuh kita itu tergantung pada bagaimana pikiran kita bekerja. Jika pikiran kita selalu mengatakan hal negatif maka begitulah tubuh kita akan bekerja. Maka dari itu, tanamkanlah kata-kata positif untuk diri sendiri.

Apabila ada kata-kata negatif mulai terbesit di pikiran kamu, seperti misal “saya malas” maka ubahlah dengan kata-kata positif yang membangun “Saya harus rajin”

2. Terapkan ‘5 Second Rules’

5 second rules merupakan tips bekerja yang diperkenalkan oleh Mel, Robbins, seorang penulis dan motivator terkenal asal Amerika. Dalam bukunya, Mel Robbins mengatakan bahwa cara untuk menghindari malas maka ketika kita merasa ingin melakukan sesuatu, putuskanlah selama 5 detik. Karena biasanya setelah 5 detik, kita akan merasa malas dan tidak lagi tertarik melakukan hal tersebut.

Jadi ketika dalam benakmu ingin belajar atau mengerjakan kerjaan, segeralah bergerak ketika pikiran tersebut baru muncul selama kurang dari 5 detik.

3. Terapkan Teknik Kaizen

Teknik Keizen merupakan salah satu rahasia orang Jepang untuk terhindar dari rasa malas yang bisa kamu tiru di keseharian. Teknik ini menerapkan “prinsip satu menit” dimana kamu harus melakukan sesuatu hanya selama satu menit dan menjadikannya kebiasaan setiap hari di waktu yang sama tanpa adanya distraksi.

Hanya dengan meluangkan waktu 1 menit saja terlihat sangat simple dan mudah, kan? gak perlu banyak tenaga dan tekanan untuk melakukannya tapi tetap produktif pastinya.

4. Jauhi Ponselmu dulu!

Telfon pintar memang menjadi gangguan paling umum d era modern seperti sekarang. Seringkali bahkan kita teralihkan oleh ponsel yang berada disekitar kita sehingga menjadi tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan.
Oleh karena itu, ketika sedang ingin mengerjakan sesuatu usahakan untuk jauhi ponsel kamu terlebih dahulu ya. Kalau perlu gunakan mode silent juga simpan di tempat yang tidak bisa dilihat dari pandangan kamu. Gunakan waktumu hanya untuk fokus pada pekerjaanmu saat itu.

Tenang, doi yang baik gak akan marah kok kalau alasan kamu lama balas chat karena fokus kerjain kerjaan, hehe.

5. Berikan Self-Reward

Kalau kita sudah berhasil melawan rasa malas dan berhasil mengerjakan semua tugas yang ada, jangan lupa berikan hadiah untuk diri sendiri, ya.

Hadiah bisa membuat kita termotivasi buat melakukan hal produktif lainnya di lain waktu. Gak perlu hadiah yang mahal, berikan hadiah simpel seperti beli makanan favorit atau nonton movie marathoon seharian. Yang penting, hargai dirimu yang telah bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari ☺️

 

Penulis : Nia Aulia Kurniati
Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response