InformasiLife Style

Fleets, Fitur Baru di Twitter! Ini Keunggulan dan Cara Mainnya

74kali dibaca

Hai Bekasinians!

Warga Twitter mana nih suaranya? Twitter secara resmi mengeluarkan fitur baru yang bernama “Fleets” pada hari Selasa lalu (17/11). Nah, kali ini Minbek mau bahas nih tentang fitur Fleet dan bagaimana cara menggunakannya.

Fleets merupakan sebuah fitur yang memiliki fungsi mirip dengan fitur Instagram Stories (Snapgram) dan Snapchat. Di sana kalian bisa mengunggah foto, video dan text ataupun membagikan tweets yang akan bertahan dalam waktu 24 jam dan setelah itu akan otomatis hilang.

Dikutip dari kompas.com, kalian bisa mendapatkan fitur Fleets ini setelah kalian memperbaharui aplikasi twitter kalian di playstore atau app store ke versi terbarunya yaitu 8.71.0. Setelah diperbaharui fitur Fleets akan langsung muncul pada bagian atas layar beranda. Dengan fomat yang sama seperti Snapgram, di sebelah kiri terdapat simbol “+” untuk menambahkan cerita ataupun foto dan video ke dalam Fleets kalian. Sementara, di sebelah kanan setelah simbol “+” adalah unggahan atau postingan yang teman-teman kalian buat.

Konten yang disajikan di Fleets ini memang belum selengkap Instagram Stories, namun sudah terbilang cukup lengkap. Kalian bisa mengunggah foto/video kalian dengan disertakan teks atau GIF dan bisa juga untuk mention ke akun lain. Meski jenis-jenis huruf yang disediakan masih terbatas, kalian juga bisa loh membalas unggahan teman atau memberikan like dengan cara mengetuk Fleets sebanyak 2 kali, lalu kalian akan langsung dibawa ke direct message teman kalian untuk memulai percakapan.

Ada satu lagi nih fitur dari Fleets yang bisa sangat bermanfaat bagi penyandang tunanetra. Dikutip dari themighty.com, salah satu pengguna twitter @GertieTheDino menulis bahwa pesan berbasis teks di Fleets dapat dibaca oleh Pembaca Layar (Screen Readers).

Fleets twitter adalah jenis “cerita” yang dapat diakses oleh screen readers. Screen readers adalah teknologi bantuan yang membantu penyandang tunanetra yang menggunakan komputer, ponsel, dan perangkat lainnya.

Screen readers akan membaca secara keseluruhan teks mulai dari nama akun kalian, username, dan isi cerita kalian. Pengguna twitter @GertieTheDino juga menulis bahwa kalian sebisa mungkin menambahkan teks alternatif ke foto dan untuk video yang dibagikan di Fleets. Sehingga, screen reader bisa mendeskripsikannya.

Sebagai contoh, jika kalian memposting foto perempuan berkacamata yang sedang tersenyum, screen reader akan membacakannya. Namun, mungkin ada beberapa dari kalian yang belum bisa mendapatkan fitur ini di akun twitter kalian, berarti kemungkinan besar fitur ini belum disebar luaskan secara merata ke seluruh pengguna twitter.

Nah itu dia sedikit informasi dari Minbek tentang fitur terbaru yang twitter ini. Ada banyak yang senang tapi tak sedikit juga yang menyangkan kenapa Twitter meluncurkan fitur ini. Banyak warga twitter menganggap fitur unsent message ataupun mengedit tweets lebih dibutuhkan dibandingkan fitur fleets. Gimana nih tanggapan kalian, Beks?

Penulis: Devin Inesha
Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Nia Aulia

Nia Aulia

Social Media Specialist