SejarahUncategorized

Hari Bela Negara : Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul

332kali dibaca

Hallo Bekasinians!

Tanggal 19 Desember 2020 di peringati sebagai Hari Bela Negara (HBN). Sebagai hari peringatan nasional yang dilakukan setiap tahunnya, dilansir dari laman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, HBN tahun 2020 ini bertema “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul”. Tema tersebut diharapkan dapat membawa seluruh lapisan masyarakat untuk membela negara.

Tak hanya itu, dalam poster Kemenhan juga bertengger sebuah tagar #AyoBelaIndonesiaku. Lewat tagar ini bertujuan untuk menyadarkan seluruh masyarakat untuk bersama menjaga rumah kita, Tanah Air Indonesia.

Dilansir dari Bone.go.id, Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Kesadaran bela negara hakikatnya adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Cotohnya mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Sejarah Hari Bela Negara

Hari Bela Negara dilatarbelakangi oleh peristiwa dibentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat.

Kala itu, pada 19 Desember 1948 sistem pemerintahan Indonesia yang berpusat di Yogyakarta kembali jatuh ketangan Belanda. Tidak hanya itu, Belanda juga menangkap para pemimpin negara seperti Soekarno, Hatta, beserta beberapa meteri lainnya dan mengasingkan mereka keluar pulau jawa sehingga sistem pemerintah pun terhambat. Peristiwa ini pun dikenal sebagai gerakan Agresi Militer Belada II yang kemudian mendorong pembentukan wilayah dan sistem pemerintahan sementara di Bukittingi, Sumatra Barat.

Untuk mengenang peristiwa ini, pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dengan dikeluarkannya surat keputusan presiden No 28 tahun 2006, ditetapkanlah 19 Desember sebagai hari bela negara.

Tidak hanya itu, Pemerintah Indonesia juga membangun Monumen Nasional Bela Negara tepat dikawasan yang pernah menjadi basis PDRI, tepatnya di Jorong Sirih, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Beks sebagai negara yang mempunyai sejarah kemerdekaan yang panjang, yuk! bersama kita melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan serta kesatuan Indonesia dengan cara menjadi generasi muda yang aktif, berprestasi serta menciptakan kerukunan di lingkungan sekitar.

Penulis : Nia Aulia Kurniati

Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response

Nia Aulia

Nia Aulia

Social Media Specialist