Sejarah

Sebenarnya Warga Bekasi Asli Mana Sih? Ini Dia Asal-usulnya!

2.01Kkali dibaca

Hi Beks!

Kalian pernah gak ketemu warga Kota Bekasi tapi ngomongnya campur-campur? Nah sebenernya warga Kota Bekasi asli mana sih?

Kalo ngomongin sejarahnya nih Beks, pada zaman kerajaan Kota Bekasi merupakan daerah Ibu Kota Kerajaan Tarumanegara sejak abad ke-5 Masehi yang artinya kerjaan tersebut berasal dari Sunda dengan bahasa umum yang digunakan pada saat itu adalah Bahasa Sunda.

Lalu pada zaman Belanda, Gubernur VOC J.P.Coen pernah menutup Kota Jakarta dan banyak penduduk yang berpindah ke daerah pinggiran Jakarta. Karena banyak penduduk yang pindah, dampak yang dirasakan penduduk asal Jawa yang menetap di Kota Bekasi berbicara dengan kosa kata harian seperti “ora” dan “lanang”.

Sumber : Infobekasi.co.id

Ada fakta baru nih Beks, secara etnografis Kota Bekasi memiliki 3 kelompok etnik yang cukup dominan diantaranya ada etnik Sunda, etnik Betawi, dan Jawa-Banten. Namun apabila pembagian wilayah budaya (culture area) di Kota Bekasi juga terdapat 3 tipologi kebudayaan, yaitu kebudayaan Sunda dengan sistem pertanian sawahnya, kebudayaan Betawi, dan kebudayaan Jawa-Banten dengan budaya pesisirnya.

Tapi khususnya di daerah perkotaan Bekasi penduduknya lebih bersifat heterogen dan etnik Betawi yang nampak lebih dominan. Selain itu, Kota Bekasi juga ada etnik lain loh seperti etnik Batak, Bali, Ambon, Padang, Cina, dan Arab dengan domisili di daerah perdagangan.

Waaaah ternyata suku Kota Bekasi cukup banyak ya Beks dan dari hal itulah menunjukkan adanya mobilitas penduduk yang tinggi dan juga rasa toleransi antar sesama etnik.

Sumber : InfoPublik.id

Kota Bekasi juga memiliki percampuran bahasa seperti Bahasa Betawi, Cina, Bali, dan Melayu, hal itu disebabkan karena pengaruh Sunda-Jawa. Penyebab dari pencampuran bahasa tersebut karena proses migrasi yang cukup tinggi hingga mengalami proses asimilasi dan akulturasi, jadi Bekasinians jangan heran kalo warga Kota Bekasi ngobrol dengan campur bahasa. Namun suku asli warga Bekasi sebenernya adalah Betawi.

Beks, dari sejarah tersebut kalian sudah tahu kan warga Kota Bekasi adalah asli Betawi tapi memang kalau ngobrol menggunakan campuran banyak bahasa. Semoga dari artikel ini bisa menjadi informasi tambahan untuk Bekasinians, pantengin terus artikel selanjutnya!

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response