Uncategorized

Cara Mudah Budidaya Ikan dan Sayuran dengan Teknik Budikdamber

493kali dibaca

Holla Bekasinians!

Di masa pandemi ini, aktivitas apa sih yang biasa kalian lakuin selama dirumah aja? Dari pada ngelakuin hal-hal monoton ataupun hal yang cuma buang-buang waktu, Minbek mau kasih tau kalian tentang Budikdamber. Siapa tahu bisa jadi kegiatan baru di rumah. Tapi apa sih Budikdamber itu Minbek?

Budikdamber atau singkatan dari Budidaya Ikan Dalam Ember adalah teknik membudidayakan ikan dan sayuran secara bersamaan dalam satu ember. Budidaya ini dikembangkan oleh dosen budidaya perikanan dari Politeknik Negeri Lampung, Juli Nursandi pada tahun 2016 silam.

Latar Belakang dari adanya Budikdamber ini dilihat karena seiring perkembangan pembangunan yang membuat lahan budidaya ikan atau berkebun semakin terbatas, sedangkan kebutuhan akan kedua pangan tersebut sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, metode ini dinilai dapat menjadi solusi untuk ketahanan pangan melalui rumah masing-masing masyarakat.

Budikdamber merupakan sistem akuaponik (polikultur ikan dan sayuran). Namun perbedaannya Budikdamber tidak serumit akuaponik yang membutuhkan pompa dan filter yang akhirnya membutuhkan listrik, lahan yang luas, biaya yang mahal, dan rumit. Budikdamber sendiri memiliki keunggulan diantaranya seperti hemat air, zero waste, perawatan yang mudah, dan tanpa bahan kimia.

Lantas bagaimana caranya Berbudidaya Ikan dan Sayuran dalam ember dengan teknik budikdamber?

Cara Berbudidaya Ikan dan Sayuran dengan Budikdamber

Budikdamber memiliki cara yang cukup mudah dengan berbekal bahan-bahan yang banyak ditemui dimana saja. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk memulai Budikdamber di rumah :

1. Ember 80 Liter
2. Arang Batok Kelapa
3. Gelas Pelastik
4. Benih ukuran 5-12 cm sejumlah 60-100 ekor
5. Tang
6. Kawat
7. Bibit kangkung
8. Solder

Cara pembuatan media budikdamber :
1. Lubangi gelas plastik 10-15 buah dengan solder
2. Potong kangkung sisakan bagian bawah
3. Masukan kangkung ke dalam gelas, kemudian isi gelas dengan arang batok kelapa antara 50 sampai 80 persen ukuran gelas.
4. Potong kawat ukuran lebih 12 cm dan buat model kait yang bisa dijadikan pegangan gelas di ember.
5. Isi air 60 liter, diamkan kurang lebih 1-2 hari
6. Masukan bibit ikan, diamkan 1-2 hari
7. Rangkai gelas kangkung di pinggir ember.

Jenis Ikan dan Sayuran Apa yang Bisa di Budidayakan dengan Budikdamber?

Pada umumnya orang-orang membudidayakan ikan lele dan juga sayur kangkung dengan metode budikdamber ini. Namun Dilansir dari Kompas.com, ikan yang cocok diternak dengan teknik Budikdamber adaah ikan lele, sepat, betok, gabus, dan gurame. Hal ini dikarenakan jenis ikan tersebut tahan akan kadar oksigen rendah.

Sedangkan untuk tanaman yang bisa dibudidayakan tergantung dari jenis media yang digunakan. Apabila menggunakan media arang, jenis tanaman yang bisa dibudidayakan diantaranya adalah kangkung, genjer, dan bayam Brazil. Sementara apabila menggunakan media AKT (Arang, Kain, Tanah) semua jenis sayuran bisa dibudidayakan.

Masa Panen

Ketika pemeliharaan yang rutin sudah dilakukan, maka kita dapat mencapai hasil yang maksimal pada tahap panen. Prosedur untuk memanen hasil dari Budikdamber ini yaitu:

1. Panen kangkung pertama adalah 14-21 hari sejak tanam.
2. Sisakan bagian bawah tunas kangkung untuk pertumbuhan kembali.
3. Panen ke-2 dan selanjutnya berjarak 10-14 hari sekali.
4. Panen ikan lele dapat dilakukan dalam 2 bulan, jika benih bagus dan pakan baik.
5. Tingkat bertahan hidup (survival) ikan adalah 40-100 persen.
6. Panen ikan dapat dilakukan dengan cara diserok atau dikuras.

Itu dia beks sedikit informasi mengenai budikdamber yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luang selama di rumah aja. Dengan budikdamber ini selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan yang cukup menggiurkan karena memiliki double keuntungan dari hasil panen ikan dan sayuran. Hayoo kira-kira kamu tertarik gak?

 

 

Penulis : Nia Aulia Kurniati

Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response

Nia Aulia

Nia Aulia

Social Media Specialist