Life Style

Pandemi Belum Berakhir, Ini Dia Cara Mengatur Keuangan dengan Baik

166kali dibaca

Hai Bekasinians..

 

Pasti pada sadar kan kalau dampak dari Covid-19 terhadap perekonomian memang membuat banyak orang gelisah, untuk itu mengatur keuangan selama masa pandemi memang harus jeli di masa ketidakpastian seperti ini sehingga kebutuhan sehari-hari juga dapat terpenuhi. Kali ini Minbek mau kasih tips untuk mengatur keuangan di masa pandemi, simak yuk!

1. Evaluasi Sumber Penghasilan dan Pengeluaran

Sumber: economy.okezone.com

Langkah pertama untuk mengatur keuangan agar lebih efektif yaitu melakukan evaluasi kondisi keuangan saat ini. Kamu bisa evaluasi mulai dari pendapatan hingga pengeluaran sehari-hari. Dengan mencatatnya secara rapih, kamu dapat melihat kondisi keuanganmu stabil atau tidak.

2. Ketahui Prioritas Wajib dan Perlu

Sumber: finansialku.com

Setelah kamu melakukan evaluasi, kamu bisa loh mengatur keuangan dengan menentukan skala prioritas. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak mudah terkecoh dengan pengeluaran yang tidak penting sehingga bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan pokok, tabungan dan kebutuhan darurat.

3. Jangan Membeli Bila Tidak Perlu

Sumber: lifestyle.bisnis.com

Pada masa pandemi ini, ada baiknya kamu untuk bisa menahan diri untuk membeli hal-hal yang kurang diperlukan. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi keadaan pandemi yang belum berakhir.

4. Cari Pekerjaan Sampingan

Sumber: bisnisukm.com

Kamu bisa nih mencari peluang untuk memulai usaha kecil-kecilan secara online untuk meningkatkan sumber pendapatan. Sistem reseller cocok banget untuk memulai usaha tanpa modal yang besar bahkan sistem dropship hanya bermodalkan handphone dan jaringan internet aja loh!

5. Hindari Pembelian dengan Sistem Cicil

Sumber: tamasia.co.id

Sebelum pandemi ini berakhir ada baiknya untuk menghindari pembelian dengan sistem cicilan agar kamu tidak memiliki beban tanggungan, lebih baik lakukan pembelian secara lunas agar keuangan kamu pun bisa tetap aman, Beks.

Nah itu tadi Beks cara agar keuanganmu tetap stabil saat pandemi seperti sekarang ini. Minbek sih nyaranin untuk perbanyak nabung daripada membeli banyak barang yang sudah dipunya ataupun barang yang tidak penting fungsinya. Sekian dulu ya tips dari Minbek, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips-tips lainnya. Dadahhh…

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response