Sejarah

Sejarah Masjid Al-Barkah: Jadi Salah Satu Masjid dan Ikon Tertua di Kota Bekasi

67kali dibaca

Hallo Bekasinians,

Masjid Al-Barkah yang berada persis di sebrang Alun-alun Kota Bekasi ternyata sudah berdiri sejak tahun 1890, itu artinya sudah lebih dari satu abad umur masjid ini, Beks. Berdiri di atas tanah wakaf seluas 3000 meter persegi dan dipelopori oleh tokoh alim ulama setempat yaitu H Abdul Hamid. Pada masa perjuangan, masjid ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah namun menjadi markas pejuang dalam menyusun strategi untuk melawan para penjajah. Dari hal itulah, nama Al-Barkah muncul karena memiliki arti memberi keberkahan kepada setiap insan yang rela mengorbankan nyawa demi melawan kolonialisme hingga kemerdekaan.

Masjid Al-Barkah ini mengalami renovasi atau perbaikan oleh Pemerintah Daerah yakni pada tahun 1969, 1988, 1997, 2002, dan ditahun 2004 masjid ini melakukan renovasi besar-besaran. Mengusung konsep klasik modern perpaduan antara seni Eropa dan Jepara, arsitektur masjid ini tidak terlepas dari simbolisasi islam dengan dibangunnya 4 buah menara yang memiliki arti tiang ilmu, yakni Bahasa Arab, Syariah, Sejarah, dan Filsafat. Selain itu terdapat menara masjid yang tingginya mencapai 33 meter yang melambangkan jumlah dzikir tasbih, tahmid, dan takbir seusai solat.

Masjid Al-Barkah Kota Bekasi / Sumber: kubahgrc.com

Masjid Al-Barkah juga menambah fasilitas seperti gedung pertemuan, perpustakaan, plaza, kantor remaja masjid, hingga taman yang memiliki kurang lebih 13 pohon kurma dan selalu berbuah tiap tahunnya. Masjid yang dapat menampun sebanyak 2.500 jemaah ini, ini juga dijadikan ikon Kota oleh Pemkot Bekasi guna mewujudkan Kota Patriot yang ikhsan.

Nah Beks itu dia sejarah dari Masjid Agung Al-Barkah yang dapat dijadikan alternatif wisata religi saat berkunjung ke Kota Bekasi. Sampai jumpa di sejarah Kota Bekasi selanjutnya ya! See you..

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response