Sejarah

Sejarah Gedung Juang 45: Saksi Bisu Para Pejuang Bekasi untuk Raih Kemerdekaan

56kali dibaca

Hai Bekasinians,

Kalo kamu tertarik untuk berwisata sejarah di Bekasi, Gedung Juang 45 pas banget untuk dikunjungi. Gedung ini berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Gedung ini menjadi saksi bisu, kisah rakyat Bekasi saat memperjuangkan kemederkaan saat revolusi.

Gedung Juang 45  sudah ada sejak awal abad ke 19 dan memiliki nama asli Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi, tetapi warga Bekasi lebih mengenal dengan nama Gedung Juang.

Sumber: beritatrans.com

Pada tahun 1900, Gedung Juang dijadikan markas dari Tentara Keamanan Rakyat (RKT) maupun basis pejuang Bekasi karena Belanda menjajah Indonesia yang pada saat itu tepat setelah masa revolusi. Lalu pada 1914 Belanda kembali lagi ke Indonesia gedung ini menjadi basis pertahanan para pejuang dan dijadikan Pusat Komando Perjuangan dan Pertahanan RI yang berpusat di Tambun dan Cibarusah. Gedung ini menjadi saksi para pejuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Hingga pasca kemerdekaan pada tahun 1950, gedung ini dijadikan pusat pemerintahan di Kabupaten Bekasi. Setelah di tahun 1950 juga diisi oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, Batalyon Kian Santang. Sedangkan di tahun 1960 gedung ini pernah dijadikan kantor lembaga wakil rakyat dan sempat dijadikan tempat tahanan politik Partai Komunis Indonesia (PAI).

Sumber: liputan4.com

Namun seiring berjalannya waktu, Gedung Juang beberapa kali mengalami revitalisasi untuk dijadikan wisata ikonik di Bekasi yang memiliki konsep bangunan dengan arsitektur neoklasik. Memiliki dua lantai dan masing-masing lantai terdapat empat ruangan. Pada lantai kedua ada tangga bergaya khas bangsawan dan dinding yang didominasi dengan kramik warna cokelat dan memiliki motif bunga.

Lalu pada halaman depan Gedung Juang, terdapat tugu yang berbentuk keran air dan tugu perjuangan yang menggambarkan para pejuang dengan memegang senjata, dan juga terdapat kantor Koperasi Wredatama RI Kabupaten Bekasi (KOWARKASI), Markas Cabang Leguin RI Kabupaten Bekasi, Kelompok Kerja Sadar Wisata (Pokdarwis).

Nah begitu Beks sejarah dari Gedung Juang 45, walaupun gedung ini sempat dijadikan beberapa alih fungsi namun sekarang menjadi bangunan yang megah dan penuh kenangan sejarah pejuang Bekasi untuk kemerdekaan RI. Jangan lupa mampir ya! 😉

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response