Sejarah

Klenteng Hok Lay Kiong: Destinasi Wisata Klenteng Tertua di Kota Bekasi

54kali dibaca

Hai Bekasinians!

Peringatan Hari Raya Imlek tinggal menghitung hari.  Biasanya di moment seperti ini, beberapa tempat khususnya Klenteng telah di penuhi dengan berbagai lampion dan berbagai ornamen berwarna merah khas perayaan Imlek.

Tahukah kamu? Di tengah Kota Bekasi ternyata juga ada perkampungan china yang terdapat sebuah Klenteng Tua berusia 350 tahun, loh! Namanya Klenteng Hok Lay Kiong.

Nama Hok Lay Kiong di percaya memiliki makna sebagai istana yang mendatangkan rezeki bagi keturunan Tionghoa. Klenteng ini sudah ada sejak abad ke-17, sehingga juga disebut sebagai Klenteng tertua di Kota Bekasi.

Klenteng Hok Lay Kiong, berlokasi di tengah permukiman masyarakat, dengan alamat di Jalan Mayor Oking, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Setiap tahunnya, klenteng ini menjadi salah satu tempat perayaan Imlek di Kota Bekasi.

Berdasarkan catatan sejarah, Klenteng ini di bangun oleh masyarakat etnis Tionghoa yang berpindah dari Batavia ke Bekasi dikarenakan pembantaian etnis Tionghoa oleh VOC akibat pemberontakan buruh yang terjadi tahun 1700-an. Para masyarakat etnis Tionghoa ini akhirnya membuat sebuah pemukiman termaksud dengan rumah ibadah mereka. Untuk menyambung hidup, para masyarakat etnis Tionghoa ini bercocok tanam dan sebagian besarjuga menjadi pedagang. Klenteng ini pernah menjadi pusat perdagangan terbesar karena letaknya yang berdampingan dengan Kali Bekasi. Hingga akhirnya munculah peradaban Tionghoa di Bekasi.

Sumber: jakarta.tribunnews.com

Seiring dengan perkembangan zaman, Klenteng Hok Lay Kiong telah mengalami beberapa kali renovasi. Akan tetapi pintu utamanya masih dipertahankan sesuai kondisi aslinya. Bangunan Klenteng ini juga didominasi dengan ornamen merah serta emas seperti tempat ibadah Konghucu pada umumnya.

Sumber: alinea.id

Selain itu, meskipun sudaj tua Klenteng ini masih berfungsi dengan baik hingga kini sebagai sarana ibadah dan juga sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Bekasi.

Yap! Klenteng ini dapat di masuki oleh masyarakat umum untuk berwisata asalkan tetap menjaga ketertiban, kesopanan dan tidak mengganggu orang-orang yang tengah beribadah. Di jamin ga bakal nyesel karena klenteng ini di penuhi dengan ornamen yang cantik yang memesona.

Nah begitu dulu Beks sejarah dari Klenteng Hok Lay Kiong. Semoga wawasan mu tentang destinasi wisata Kota Bekasi semakin bertambah ya! Yuk kita jaga serta lestarikan bersama bangunan tua di Kota Bekasi 😉

Sampai berjumpa di artikel selanjutnya ya!

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia K

Leave a Response