BeritaInformasi

Simak! Situs Ini Bisa Pantau Banjir di Bekasi dan Sekitarnya

228kali dibaca

Hai Bekasinians!

Sabtu (20/2) curah hujan di Bekasi cukup tinggi dan membuat banjir di sebagian wilayah. Akibatnya banyak warga yang merasakan dampaknya dan akses jalan menjadi sulit. Tapi kamu tahu gak sih, Beks? Kalau ada loh sebuah situs yang bisa memantau kondisi banjir di Bekasi. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melaporkan kondisi terkini bencana di tempat mu juga. Kira-kira apa yak?

Situs ini bernama PetaBencana.id. Situs ini merupakan proyek kolaborasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team. Disini kamu bisa melihat sebuah peta yang menampilkan kondisi banjir beserta tingkat ketinggian banjir berdasarkan label berwarna. Jika label warna di-klik, situs akan menampilkan informasi tentang banjir di wilayah yang kita klik, termasuk lokasi persis, ketinggian air, dan update terakhir mengenai wilayah tersebut.

Sumber: info.petabencana.id

Label berwarna yang ditampilkan ada Warna merah yang artinya Siaga 1 dan tinggi banjir di atas 150 cm. Warna jingga artinya Siaga 2 dan tinggi banjir sekitar 71 cm hingga 150 cm. Lalu Siaga 3 bertanda kuning yang artinya tinggi banjir antara 10 cm hingga 70 cm. Siaga 4 bertanda hijau yang artinya Anda diminta berhati-hati.

Tidak hanya di Bekasi saja loh beks, tapi situs ini juga bisa memantau kondisi di wilayah Jadetabek nih. Jadi sewaktu-waktu kalian tengah mencari jalan, bisa sangat memudahkan kita.

Cara menggunakan situs ini gampang banget kok, beks. Kamu bisa membuka situs lewat browser dengan ketik PetaBencana.id. Tampilan pertama yang akan dilihat adalah gambar peta. Kemudian tuliskan lokasi tempat yang ingin kamu ketahui kondisinya, nanti akann muncul kondisi banjir terkini wilayah tersebut.

Oh iya, kayak yang tadi minbek bilang. Situs ini gak hanya memantau banjir aja loh, tapi juga bisa digunakan untuk melaporkan kondisi banjir dengan cara mengikuti langkah-langkah yang sudah ada tanpa harus registrasi atau login, kamu hanya perlu unggah foto dan lengkap dengan informasi ketinggian banjir.

Mudah kan Beks untuk menggunakannya? Dengan situs ini, kamu bisa selalu memantau kondisi banjir di daerah mu agar bisa tetap antisipasi dan waspada. Semoga musibah banjir ini bisa cepat usai ya Beks agar semua aktivitas masyarakat bisa pulih kembali, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa protokol kesehatan ya Beks

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia K.

Leave a Response