Informasi

Waspada Cuaca Ekstrim, Hindari Petir dengan Cara Ini

95kali dibaca

Hai Bekasinians!

Akhir-akhir ini sering banget deh terjadi hujan yang disertai angin dan petir, terutama di malam hari. Saat hal itu terjadi, sebenarnya kita harus berhati-hati. Karena jika tidak, sambaran petir dapat menghantui kita. Kali ini Minbek mau kasih tips supaya terhindar dari sambaran petir, simak yuk!

1. Masuk ke Ruangan Tertutup

Sumber: properti.kompas.com

Untuk menghindari petir, sebaiknya cari tempat tertutup untuk berlindung ya Beks. Tempat paling aman untuk berlindung adalah bangunan tertutup atau masuk ke dalam mobil jika kamu sedang berada di luar ruangan.

2. Jangan Berlindung di Bawah Pohon

Sumber: wowkeren.com

Masih banyak yang mengira kalau berlindung di bawah pohon sudah aman, tapi justru hal ini perlu dihindari Beks. Energi petir yang menyambar ke pohon ternyata bisa melompat ke tubuh atau bahkan membuat pohon tersebut terbakar.

3. Jaga Jarak di Tempat Terbuka

Sumber: merdeka.com

Jika berada di luar ruangan coba untuk atur jarak dengan orang lain antara 3 hingga 5 meter agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.

4. Jauhi Jendela

Sumber: downloadgambar.buzz

Kalau kamu sedang di rumah usahakan jauhi jendela ya Beks. Sebab, petir ternyata juga bisa loh menyambar ke dalam rumah melalui jendela

5. Matikan Perangkat Elektronik

Sumber: idntimes.com

Saat hujan turun biasanya aliran listrik dari barang elektronik juga bisa memancing sambaran petir loh, ngeri kan? Karena itu, sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan alat elektronik saat hujan datang seperti gadget, tv ataupun perangkat lain yang mengandung aliran listrik.

Nah itu dia Beks cara agar terhindari dari sambaran petir. Tetap waspada ya selama musim penghujan dan tetap terapkan protokol kesehatan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya, dadah..

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response