Sejarah

Sejarah Seroja: Saksi Para Pejuang Membantu Timor-Timur

74kali dibaca

Hallo Bekasinians!

Ketika mengunjungi sudut Kota Bekasi mungkin kalian sudah gak asing lagi dengan nama daerah Seroja. Tapi, tahukah kamu? Komplek Wisma Seroja dibuat sebagai tempat tinggal Para Pejuang Seroja yang membantu perang Timor-Timur untuk menghadapi Fretelin.

Perang mematikan tersebut banyak memakan korban dan juga mengakibatkan para pejuang yang selamat mendapat luka cacat tetap. Oleh pemerintah melalui Yayasan Dharmais, pada tahun 1976 – 1977 dibangunlah Komplek Wisma Seroja di atas lahan 40.000 meter per segi yang terdiri dari 467 unit rumah dan dua unit rumah susun. Pada tahun 1978 wisma tersebut dipakai oleh 425 orang pejuang Seroja.

Kala itu operasi Seroja merupakan operasi militer berskala besar yang pernah dilakukan oleh Indonesia. Dan akibat operasi tersebut, banyak para pejuang yang mengalami cacat fisik mulai dari kaki dan tangan buntung, mata buta sampai luka permanan. Dan juga saat itu sudah banyak para pejuang yang meninggal dan diserahkan kepada ahli warisnya masing-masing.

Yayasan Pejuang Operasi Seroja / Sumber: gunrakyatbekasi.wordpress.com

Nah begitu Beks sejarahnya, kita harus selalu mengenang jasa-jasa mereka yang selalu melindungi dan memperjuangan NKRI. Selain itu kita juga harus tetap menjaga sejarah yang ada di masa lampau.

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia K.

Leave a Response