Informasi

5 Langkah Persiapan untuk Dapatkan Beasiswa

104kali dibaca

Hai Bekasinians,

Buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa pasti perlu banyak persiapan yang dilakukan karena mendapat beasiswa memang gak mudah. Selain itu, masih ada loh tahapan penting yang perlu kamu lewati untuk bisa mendapatkan beasiswa, dan ini jangan sampai terlewatkan oleh kamu ya. Apa saja ya tahapannya? Yuk simak berikut ini!

1. Cari Informasi Beasiswa Sebanyak-banyaknya

Sumber: ayokuliah.id

Untuk mendapatkan beasiswa kamu perlu nih mencari informasi yang banyak dan juga terperinci. Coba mulai pelajari semua persyaratan, prosedur, dan rincian lainnya terlebih dahulu. Hal itu perlu dilakukan supaya kamu bisa lebih siap saat mendaftar

2. Konsultasi dengan Orang Berpengalaman

Sumber: journal.sociolla.com

Setelah riset mengenai syarat dan tahapan beasiswa, ini saatnya untuk kamu diskusi dengan orang yang berpengalaman mendapatkan beasiswa. Tujuan konsultasi ini adalah agar kamu tidak salah langkah dan langkahmu lebih terarah. Kamu juga harus mempertimbangkan nasihat yang diberikan oleh konsultan agar hasilnya sesuai dengan minat dan kemampuan mu ya!

3. Pahami Program Beasiswa yang Diinginkan

Sumber: suarakarya.id

Kamu perlu banget nih tahu juga tentang program apa saja yang ada di beasiswa, karena program beasiswa banyak kategori seperti beasiswa pemerintah, beasiswa prestasi, dan sebagainya. Selain itu kategori pendanaan pun juga bermacam ada yang fully funded, partial funded, dan sebagainya.

4. Persiapkan Persyaratan dari Jauh Hari

Sumber: idntimes.com

Kalau kamu sudah yakin untuk mendaftarkan beasiswa, cobalah untuk siapkan dokumen dari jauh hari mulai dari CV, Portofolio, Motivation Letter, dan dokumen lainnya. Ingat, persiapakan dokumen dengan teliti ya untuk mendaftarnya!

5. Asah Skill

Sumber: ecampusnews.com

Tahap terakhir, kalau kamu mendaftar beasiswa ke luar negeri cobalah untuk selalu asah skill menulis dan bahasa, karena biasanya kamu akan dimintai essay atau motivation letter dalam Bahasa Inggris. Selain itu, di beberapa perguruan tinggi juga memiliki syarat untuk lampirkan TOEFL, IELTS untuk bisa menilai kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Itulah beberapa tahapan yang perlu diperhatikan saat ingin daftar beasiswa, persiapkan dari sekarang dan gali terus informasi agar beasiswa yang didapat bisa sesuai dengan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat, semangat untuk Bekasinians!

 

Penulis : Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia K.

Leave a Response