Sejarah

Hari Musik Nasional : Hari mengenang W.R Supratman

63kali dibaca

Hai Bekasinians,

Tepat hari ini tanggal 9 Maret adalah peringatan Hari Musik Nasional. Musik merupakan aspek penting karena dapat memberikan hiburan dan menyenangkan bagi semua orang, tapi tahukah kamu alasan dibalik peringatan Hari Musik Nasional?

Hari Musik Nasional sudah di susun sejak 2003 pada era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri. Namun baru disahkan 10 tahun kemudian yakni tahun 2013 pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No. 10 tahun 2013.

Tahukah kamu? Kalau hari peringatan tersebut bertujuan untuk mengenang mendiang Wage Rudolf Supratman atau W.R Supratman sang pencipta lagu Kebangasaan Indonesia Raya. Atas jasanya tersebut beliau pun diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional.

Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional diambil dari tanggal lahir W.R Supratman. Beliau lahir pada 9 Maret 1903 dan gugur pada 17 Agustus 1938 setelah sakit parah akibat ditahan di masa pemerintahan kolonial Belanda.

(Insert Foto WR Supratman)

Sebagai seorang pencipta lagu, W.R Supratman pertama kali mendapatkan pelajaran musik dari kakak iparnya hingga ia pun pandai bermain biola sampai mengubah lagu.

Sampai suatu ketika, saat W.R Supratman tinggal di Jakarta, ada seorang penulis yang menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Mengetahui hal tersebut, W.R ratman tertantang untuk memenuhi tantangan mengubah lagu. Hingga pada tahun 1924 lahirlah lagu Indonesia Raya.

Ketika selesai menciptakan lagu Indonesia Raya, W.R Supratman pertama kali memperdengarkan lagu ciptaannya dalam bentuk instrumental di depan peserta umum sayembara dan pada saat itu juga lah lagu Indonesia Raya diperdengarkan di depan umum untuk pertama kalinya.

Ketika didengarkan, semua yang hadir sangat terpukau hingga menjadi cepat terkenal pada kalangan pergerakan nasional. Sesudah Indonesia merdeka, lagu W.R Supratman pun diresmikan menjadi lagu kebangsaan dan lambang persatuan bangsa. Namun di balik itu akibat menciptakan lagu Indonesia Raya, W.R Supratman selalu diburu oleh polisi Hindia Belanda hingga jatuh sakit di Surabaya.

Sumber: Luisiana Colorfest

Begitulah kisah W.R Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Di Hari Musik Nasional ini, mari kita kenang jasa beliau. Minbek juga berharap kedepannya apresiasi terhadap karya musik Indonesia lebih baik lagi. Maju terus Musik Indonesia!

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia

Leave a Response