Informasi

Hari Ginjal Sedunia: Langkah Sederhana Jaga Kesehatan Ginjal

45kali dibaca

Hai Bekasinians,

Tanggal 12 Maret diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia. Tahun ini, Hari Ginjal Sedunia mengusung tema “Living Well with Kidney Disease” (Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal).

Kamu tahu gak sih? Kalau setiap orang memiliki risiko kena penyakit ginjal, terlebih lagi kalau pola hidup yang diterapkan tidak sehat. Nah untuk mencegahnya yuk terapkan hal-hal sederhana ini supaya terhindar dari penyakit ginjal, check this out!

1. Olahraga Rutin

Sumber: health.detik.com

Olahraga Rutin perlu banget kamu lakukan untuk tubuh yang sehat dan bugar. Selain membakar kalori, olahraga juga dapat melancarkan aliran darah dan suplai oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalau kondisi tubuh kamu sehat, maka beban ginjal gak akan berat dan bisa terhindari dari resiko penyakit ginjal.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Sumber; lifestyle.okezone.com

Kamu perlu juga nih mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh, dengan minum air putih yang cukup. Tujuannya agar ginjal dapat menyaring zat sisa dari tubuh. Selain itu air putih juga bermanfaat untuk mengeluarkan zat beracun dan sodium berlibah agar risiko alami penyakit ginjal akan berkurang. Usahakan minum air 1.5 Liter tiap hari ya Beks

3. Jaga Berat Badan dengan Baik

Sumber: alodokter.com

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan bagi semua orang dan juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, maka berat badan perlu di kontrol juga ya Beks agar beban ginjal tidak berlebihan. Lakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Sumber: antaranews.com

Asupan nutrisi juga perlu diperhatikan nih untuk menjaga kesehatan ginjal, coba hindari jenis makanan yang mengandung zat pengawet atau zat perwarna sintetik. Kurangin juga makanan berminyak atau terlalu manis ya Beks.

5. Batasi Asupan Garam

Sumber: republika.co.id

Kamu bisa batasi asupan garam supaya mencegah penyakit ginjal, ada banyak alternatif lain kok selain garam seperti bawang dan juga hindari makanan cepat saji ya Beks agar ginjal kamu bisa tetap terjaga dan stabil.

Beks, jagalah kesehatan ginjal agar tetap bisa bekerja dengan optimal. Kalau ginjal kamu sehat maka risiko penyakit tertentu bisa diminimalisir. Yuk terapkan pola hidup sehat dari sekarang

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia

Leave a Response