Informasi

Hari Air Sedunia : Yuk Bijak Dalam Penggunaan Air!

37kali dibaca

Hai Bekasinians,

Tahukah kamu? Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia loh! Nah di Hari Air Sedunia ini, minbek mau berbagi tips nih buat kamu agar bijak dalam menggunakan air. Apa aja sih? Yuk langsung simak berikut ini.

1. Hindari Mandi Terlalu Lama

Sumber: winnetnews.com

Mandi dengan waktu yang lama memang menyenangkan tetapi hal ini bisa membuat pemborosan air di rumah.

Sebagai cara agar tidak boros air, bak mandi dapat diganti menggunakan shower untuk batasi penggunaan air. Eits..tapi kamu perlu perhatikan juga nih kalau pakai shower jangan dibiarkan terus menyala saat sedang menggunakan sabun atau sampo.

2. Cuci Pakaian dengan Bijak

Sumber: idntimes.com

Kalau bisa nih Beks atur jadwalmu mencuci pakaian. Coba sesuaikan tumpukan baju dengan kapasitas mesin dengan begitu kamu bisa lebih menghemat air.

3. Rutin Memantau Penggunaan Air

Sumber: tribunnews.com

Pemantauan air di rumah sangat wajib dilakukan. Pastikan tidak ada keran rusak yang membuat kontrol air tidak karuan. Perhatikan juga ketika sedang mengisi bak mandi, jangan sampai lupa mematikan keran ya beks!

4. Perbaiki Pipa yang Bocor

Sumber: merdeka.com

Ada saatnya nih kamu perlu memerika saluran pipa dan keran di rumah untuk mengetahuin kebocoran atau tidak. Kalau kamu menemukan kebocoran segeralah untuk perbaiki agar air tidak terbuang sia-sia.

5. Batasi Siram Tanaman

Sumber: medium.com

Buat kamu yang tiap pagi biasanya suka siram tanaman di rumah, cobalah untuk bisa menggunakan air dengan cara tidak berlebihan.

Nah Beks, mulai sekarang yuk kita bijak dalam menggunakan dan jangan buang-buang ya. Karena dengan hemat air kamu bisa menghemat pengeluaran dan termasuk gerakan untuk melestarikan lingkungan

 

Penulis: Salsabila Wikan Paramitha

Editor : Nia Aulia

Leave a Response