Sejarah

Alun-alun Berkisah, Resolusi Rakyat Bekasi

97kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kalian sering main ke alun-alun? Kalau sering, kalian tau gak sih kalau Alun-alun kota kita ini punya cerita seru dibalik keberadaannya? Mau tahu? Yuk baca terus artikelnya!

Alun-Alun Kota Bekasi. Sumber: jejakpiknik.com oleh @malikabdulazs

Secara administratif, alun-alun ini terletak di Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Seperti alun-alun pada umumnya, Alun-alun Kota Bekasi menjadi wadah berkumpul masyarakat. Di tengah cepatnya kehidupan kota kini, Alun-alun Kota Bekasi menyimpan satu cerita menarik dalam heningnya.

Apa Bekasinians pernah mendengar istilah “Resolusi Kota Bekasi”?

Pertemuan Akbar dan Aspirasi Rakyat

Sebagai akibat dari hasil rapat Konferensi Meja Bundar (KMB) pada November 1949, pergejolakan terjadi di berbagai tempat. Indonesia pada saat itu terpecah dengan adanya keputusan pembentukan Negara Pasundan. Kondisi itu membuat tokoh besar Bekasi kala itu menginisiasi pembentukan Panitia Amanat Rakyat Bekasi.

Panitia tersebut berhasil menghimpun 25.000 rakyat Bekasi dan Cikarang (yang kala itu merupakan dua distrik besar di bawah Kabupaten Jatinegara) untuk pertemuan di Alun-Alun Kota Bekasi. Masyarakat dari berbagai lapisan berkumpul dan menyuarakan semangat kemerdekaan.

Rapat raksasa diadakan tanggal 17 Januari 1950 tersebut menghasilkan Resolusi Rakyat Bekasi. Permintaan untuk keluar dari Distrik Federasi Jakarta dan Negara Pasundan dilayangkan ke Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat, yakni Mohammad Hatta.

Isi resolusi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Penyerahan kekuasaan Pemerintah Federal kepada Republik Indonesia.
2. Pengembalian seluruh Jawa Barat kepada Negara Republik Indonesia.
3. Tidak mengakui adanya pemerintahan di daerah Bekasi, selalu pemerintah Republik Indonesia.

Dengan berbagai upaya yang dikerahkan pemerintah pusat, akhirnya permintaan untuk menjadi bagian Negara Republik Indonesia dikabulkan.

Bekasi yang awalnya berstatus Distrik berubah menjadi Kabupaten. Dari sana Kabupaten Bekasi pun lahir. Titik awal ini pun mengantarkan Bekasi dan eksistensinya sebagai sebuah Kota hingga saat ini!

Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi (Alun-Alun). Sumber: Dokumentasi Penulis

Untuk mengenang kejadian tersebut, dibangun lah Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi pada tahun 1955. Kalau kalian mampir ke Alun-alun, tugu ini dapat kalian temukan di arah selatan, menjulang 5 meter kokoh dibalik pepohonan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Beks! Jadi nanti saat kalian nongkrong di Alun-alun Kota Bekasi, bisa sekalian bahas ngobrolin sejarahnya, hoho! Jangan lupa selalu perhatikan protokol kesehatan dan jaga lingkungan saat berkunjung, ya!

 

Penulis: Yasmin Mumtaz

Editor : Nia Aulia Kurniati

Leave a Response