Uncategorized

Tips Pola Hidup Sehat Saat Berpuasa

58kali dibaca

Hai Bekasinians.

Bagaimana puasanya? Semoga bisa terus lancar sampai akhir ya. Hehe.

Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Islam. Sama seperti tahun sebelumnya, bulan ramadhan tahun ini dunia masih mengalami masalah pandemi. Sedangkan disaat berpuasa, dikhawatirkan tubuh akan menjadi lemah dan berisiko terjangkit virus. Oleh karena itu menjaga pola hidup sehat di kala puasa perlu diperhatikan. Disini MinBek mau kasih tau nih tips pola hidup sehat saat berpuasa, supaya imun kita tidak turun dan tetap produktif dalam beraktivitas.

Yuk simak tips berikut ini!

1.Penuhi Nutrisi dan Cairan Dalam Tubuh

Agar kita tetap kuat berpuasa dari subuh hingga magrib, tubuh membutuhkan energi serta vitamin dan mineral yang mencukupi. Karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur maupun berbuka.

Mulailah lengkapi menu sahur dan buka puasamu dengan makanan karbohidrat sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, minum air putih yang cukup, agar tubuhmu tidak mudah dehidrasi.

2.Tetap Aktif dan Rutin Berolahraga

Aktif bergerak dan berolahraga secara rutin bukanlah hal mustahil ketika berpuasa. Lakukanlah olahraga 3-5 kali seminggu dengan durasi 15-30 menit. Pilih olahraga yang ringan, seperti sit-up dan yoga. Kamu juga bisa berjalan kaki di dalam rumah. Mulai dari halaman depan rumah, teras, ruang tamu, lalu ke dapur. Bila rumahmu memiliki 2 lantai, kamu juga bisa naik turun tangga.

3.Istirahat yang Cukup

Tidur berkualitas dapat menaikan produktivitas dan fokus. Agar waktu sahur mu tidak terganggu, tidur lah lebih awal agar waktu istirahat mu tercukupi. Misalnya, jika selama bulan ramadhan kamu rutin melaksanakan salat Tarawih dan selesai sekitar pukul 8 malam, usahakan kamu sudah berbaring di tempat tidur pukul 9.30 malam. Jangan paksakan diri untuk begadang.

Selain memajukan waktu tidur malammu, kamu bisa manfaatkan waktu makan siang untuk tidur siang walaupun hanya sebentar. Karena tidur siang selama 15-20 menit sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi kamu agar bisa kembali produktif.

 

Nah itu beberapa tips pola hidup sehat saat berpuasa di masa pandemi. Tetap semangat beraktivitas ya Beks. Jangan lupa untuk selalu disiplin 3M: Mencuci tangan pakai sabun, Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan. Serta terapkan 2M, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selamat Berpuasa Bekasinians!

 

Penulis : Listy

Editor : Nia Aulia

Leave a Response

Nia Aulia

Nia Aulia

Social Media Specialist