Uncategorized

Yuk, Tetap Hemat! Tips Mengatur Pengeluaran Selama Ramadhan

116kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kamu suka pusing mengatur pengeluaran selama Ramadhan? MinBek hadir buat kasih tips ke kamu gimana caranya kontrol budgetmu agar tetap aman di bulan puasa! Check this out

1. Catat Pengeluaran Tetapmu

Penting buat kamu untuk mencatat uang yang terpakai rutin bulanan agar semua kebutuhanmu tetap ter-cover. Ada satu teknik dari Jepang yakni Kakeibo yang bisa kamu pelajari untuk mencatat pengeluaranmu.

Kakeibo, Teknik Mencatat Pengeluaran dari Jepang. Sumber: kaskus

Secara sederhana, Kakeibo menuntun kita untuk mempertanyakan setiap pengeluaran kita dan menabung di awal mula saat uang kita masih utuh. Setelah mencatat semua pengeluaran, kita akan me-review apakah pengeluaran kalian sudah ideal.

2. Susun Rencana “Makanan” Selama Seminggu

Saat Ramadhan, semestinya kita dapat menekan pengeluaran makan. Tapi, berasa gak sih saat bulan puasa pengeluaran justru meningkat? Hal ini karena harga bahan yang meningkat dan sikap impulsif untuk jajan banyak saat berbuka.

Makanan Saat Puasa. Sumber: bp-guide.id

Oleh karena itu penting buat Bekasinians untuk bikin list apa saja yang mau kalian konsumsi selama seminggu, saat sahur dan saat berbuka. Kalau bisa, kalian dapat juga masak sendiri makanan tersebut agar dapat semakin mengontrol pengeluaran kalian.

3. Buat Budget Khusus Hampers dan Hari Raya

Kamu bisa menggunakan uang THR atau pemasukan tambahan untuk membeli hampers, kue, maupun pakaian hari Ied. Tapi jangan sampe kelewat batas ya, beli secukupnya sesuai dengan budget mu. Selain itu. Kamu bisa membuat hampers dan kue lebaran sendiri untuk menekan biaya membeli produk jadi.

Hampers Lucu saat Ramadhan. Sumber: whatsnewindonesia.com

***

Jadi itu tips dari MinBek agar pengeluaran kalian semakin bisa terkendali biar ga tekor. Semoga artikel ini bisa membantu Bekasinians, ya!

 

Penulis : Yasmin Mumtaz

Editor : Nia Aulia

Leave a Response