Uncategorized

Wajib Ada! Ini Dia Makanan Hari Raya Khas Bekasi

306kali dibaca

Hai Bekasinians!

Mendekati Hari Raya, sudah punya rencana masak menu apa aja nih? Kalo bosen sama makanan yang itu-itu aja, Bekasinians bisa banget loh hidangin makanan khas Bekasi. Kamu pasti udah familiar banget nih sama makanan-makanan ini tapi mungkin gak kepikiran untuk dihidangkan saat Hari Raya, jadi gak ada salahnya tahun ini dicoba buat makan bareng keluarga besar.

1. Sayur Gabus Pucung 

Sayur Gabus Pucung Khas Bekasi. Sumber: cookpad.com

Siapa sih yang gak tau gabus pucung? Makanan khas Bekasi satu ini udah jadi primadona di Bekasi. Terbuat dari Ikan Gabus, tampilannya yang berwarna hitam pekat menjadi daya tarik yang membuat makanan ini unik. Cara masaknya memang tidak bisa sembarangan, tapi sudah banyak resep-resep enak di Internet. Kalo kamu malas masak, bisa juga nih pesan di restoran-restoran seperti di Restoran Gabus pucung pekayon, RM Gabus pucung Khas Betawi, RM Sayur Gabus pucung Bapak Nijar di bekasi

2. Dodol Betawi 

Dodol Betawi. Sumber: klasika.kompas.id

Sebagai salah satu wilayah rumpun Betawi, Bekasi juga punya makanan khas Dodol Bekasi. Supaya makin nikmat dodol Betawi juga biasa di cocol dengan durian kupas. Menjelang hari raya, biasanya pedagang Dodol Betawi lagi kebanjiran pesanan, makanya harus di pesan dari jauh-jauh hari.

Nih dia Rekomendasi Toko Dodol Betawi buat kalian, yaitu ada Toko Dodol Betawi BangDen yang terletak dijalan telkom, padurenan, Toko Dodol Asli Betawi yang terletak di Gang Mawar, Margahayu dan Toko Dodol Betawi di Pekayon, Nah itu dia toko-toko Dodol Betawi di bekasi yang wajib kamu kunjungi ya. 

3. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod, Oleh-oleh Khas Bekasi. Sumber: tokopedia.com

Warga Bekasi pasti ga asing dong sama makanan yang satu ini. Nah buat kalian yang masih penasaran , boleh banget coba karena selain rasanya yang enak, Bandeng Rorod ini juga ga ada duri nya, jadi tinggal makan aja deh. Selain rasanya yang enak, harga Bandeng Rorod juga terjangkau loh. Nah buat kalian yang belum tau tempatnya, nih MinBek kasih tau buat kalian,ada di Jl. P Maluku Raya Blok C1 No.5 Aren Jaya kecamatan bekasi timur kota bekasi.

4. Kue Pancong Khas Betawi 

Jajanan Kue Pancong. Sumber: blog.tokowahab.com

Siapa sangka kue pancong ini termasuk makanan tradisional loh, karena miliki rasa yang khas dan bikin kamu ketagihan. Kue pancong biasanya dimakan dengan gula putih, jadi buat kalian yang ga suka manis bisa banget ga usah taburi gula putihnya. Kue pancong sendiri bahan utamanya itu kelapa yang buat rasa kue pancongnya sangat khas. 

5. Kue Rangi 

Sajian Kue Rangi. Sumber: lifestyle.okezone.com

Kue rangi sendiri disaat seperti ini sudah sangat susah sekali ditemui. Kue rangi ini terbuat dari tepung kanji dan dan kelapa parut, yang dipanggang dengan cetakan khusus diatas tungku. Nah di Bekasi ini ada satu gerobak yang masih menjual kue rangi letaknya ada di jatiasih. Jadi untuk makan khas bekasi ini kalian bisa cari di sekitar daerah kalian, karena memang kue rangi ini sudah sulit ditemukan.  

Nah itu dia rekomendasi makanan Khas Bekasi dari MinBek, jadi untuk kalian yang masih belum tau kalau bekasi itu punya banyak makanan khas yang enak dengan harga terjangkau, jadi kalian ga perlu bingung ya sama makanan khas bekasi ini. Semoga bermanfaat. 

 

Penulis : Elyana Putri T (SMK Karya Bahana Mandiri 2)

Editor : Nia Aulia

Leave a Response

Nia Aulia

Nia Aulia

Social Media Specialist