Uncategorized

Mengenang Monumen Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi

79kali dibaca

Hai Bekasinians!

Siapa nih yang setiap sore atau weekend sering datang ke hutan Kota Bekasi? Sekedar nongki atau mungkin olahraga bareng temen. Nah buat Bekasinians yang sering ke sana pasti tahu dengan tugu putih yang menjulang tinggi di tengah GOR. Apa kamu tahu kalau tugu tersebut merupakan cagar budaya Kota Bekasi yang memiliki nilai sejarah? Minbek kali ini akan bahas tugu tersebut untuk kalian semua. Simak terus ya~

Penghormatan Terhadap Pahlawan Bekasi

Tugu yang memiliki lima tiang pancang ini terletak di tengah kolam berbentuk persegi lima. Sering dimanfaatkan oleh warga Bekasi untuk bersantai dan berswafoto. Terus ya apa arti kelima tiang tersebut? Tiang tersebut melambangkan landasan negara Indonesia yakni pancasila. Di belakang monumen terdapat relief dan juga tulisan syair puisi Karawang – Bekasi karya Chairil Anwar terpahat pada monumen itu. Semua itu dibangun dalam rangka mengapresiasi perjuangan terdahulu kita untuk mendaulatkan kebebasan Indonesia khususnya Bekasi.

Cerita dari Relief  yang Kadang Terlupakan

Salah Satu Relief di Monumen Tersebut. Sumber: f3ri.net

Berdasarkan sejarahnya, monumen ini udah ada sejak tahun 1975 lho! Pembangunannya diinisiasi pada pemerintahan Abdul Fatah dan diresmikan oleh Gubernur Daerah Tingkat 1 Provinsi Jawa Barat.

Nah, relief-relief yang ada di sekitar monumen tersebut punya cerita masing-masing Beks. Kisah yang terlukis pada relief menceritakan awal mula Bekasi sebagai tanah partikelir di masa penjajahan Belanda, lalu berlanjut pada masa pendudukan Jepang, lanjut ke masa kemerdekaan dan berakhir pada era Orde Baru. Siapa disini yang baru tahu? Cung cung…

***

Ternyata Kota Bekasi banyak menyimpan nilai sejarah ya Beks. Harapan Minbek semoga kita semua semakin meningkat kesadarannya dalam menjaga kenangan dari pendahulu kita. Kira-kira nanti kita bakal bahas apalagi ya?

Penulis : Yasmin Mumtaz

Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response