Uncategorized

Tahap 1 Pendaftaran Beasiswa LPDP 2021 Dibuka, Simak Info Selengkapnya

139kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kalian pernah dengar nama Nadhira Nuraini Afifa? Itu loh, alumni SMA Negeri 1 Bekasi yang terkenal setelah memberikan pidato di Harvard saat wisuda online. Nadhira berkesempatan untuk kuliah S2 ke luar negeri dengan beasiswa yang banyak diburu oleh para pelajar Indonesia, yaitu LPDP. Apa sih beasiswa LPDP? dan gimana sih cara dapetinnya? Yuk simak artikel berikut ini!

Kenalan dengan Beasiswa LPDP

Sumber: esqcourse.com

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) khusus untuk kamu yang ingin lanjut studi S2 dan S3. Buat fase pertama udah buka nih Beks! Dilansir dari website LPDP, pendaftaran dimulai dari 4 Mei kemarin sampai tanggal 4 Juni 2021.

Ada tiga jenis beasiswa yang dibuka, yakni beasiswa umum, afirmasi, dan targeted group. Lalu apa sih bedanya? Untuk beasiswa umum sendiri sama seperti beasiswa pada umumnya (tanpa pengecualiaan peserta), afirmasi diberikan kepada peserta difabel serta di daerah afirmasi 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).  Sedangkan targeted group diberikan kepada peserta dengan latarbelakang PNS, TNI, Polri, dan wirausaha. Jadi beasiswa LPDP ini dapat dikatakan bisa meng-cover lapisan masyarakat secara luas. Menarik banget kan Beks?

Tahapan Pendaftaran dan Keuntungan LPDP

Beasiswa LPDP memberi banyak keuntungan bagi penerimanya. Mulai dari biaya pendaftaran kuliah, SPP, tunjangan buku, biaya penelitian, biaya seminar internasional, dan berbagai biaya pendukung perkuliahan. Semuanya ditanggung! Enak banget kaaan??

Eitssss sebelum banyak keuntungan yang akan diperoleh, tentu ada tahap seleksi yang harus kamu hadapi. Ada tiga tahap seleksi, mulai dari seleksi administrasi, substansi akademik dan kebangsaan, lalu yang terakhir wawancara. Kalau Bekasinians tertarik untuk daftar Beasiswa LPDP, jangan lupa untuk menyiapkan segala dokumen yang diperlukan dan belajar sebelum tes. Karena kesempatan gak datang dua kali, jadi tunggu apalagi Beks? Langsung aja daftar sebelum lewat deadline!

***

Penulis : Yasmin Mumtaz

Editor : Nilam Baiduri

Leave a Response