Uncategorized

21 Mei 1998, Puncak Reformasi Masyarakat Indonesia

304kali dibaca

Salam 23 tahun reformasi Indonesia! Tebar selalu semangat dalam membawa pembaharuan dan perubahan!

 

Halo Bekasinians. Kembali lagi dengan Minbek~ Kalian sering dengan kalimat ‘peristiwa 98′? Rangkaian peristiwa tersebut terjadi di bulan Mei. Kali ini Minbek akan membahas tentang sejarah di Hari Reformasi, simak terus artikelnya!

Tragedi Awal Sebelum Puncak

Peristiwa Gejayan 1998. Sumber: tribunnewswiki.com

Sebelum puncak reformasi meletus pada tanggal 21 Mei 1998, serangkaian kejadian telah terjadi Beks. Tragedi-tragedi tersebut tak jarang memakan korban, seperti yang terjadi pada 8 Mei 1998. Moses Gatotkaca salah satu mahasiswa demonstran di Yogyakarta harus gugur di lapang. Peristiwa itu dikenal sebagai Peristiwa Gejayan.

Tidak hanya itu saja Beks, Tragedi Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998 terjadi dan akhirnya memecah kerusuhan 98′  pada tanggal 13 – 15 Mei. Demonstrasi besar-besaran terjadi di kota di Indonesia, terutama di Jakarta. Kondisi lapangan tidak terkendali. Mungkin beberapa Bekasinians juga ikut merasakan momentum tersebut. Karena situasi yang sangat tidak terkendali, pada akhirnya tanggal 19 Mei 1998 dibentuklah Komite Reformasi, bersamaan dengan “pendudukan” mahasiswa di gedung DPR RI.

Gelanggang Mahasiswa di Atas Gedung DPR RI. Sumber: kabar24.bisnis.com

Detik Krusial Reformasi Indonesia

Reformasi terjadi akibat akumulasi dari berbagai isu, namun yang paling kuat adalah korupsi. Ekonomi terguncang, barang semakin langka, dan masyarakat semakin dirugikan. Pada akhirnya, saat tanggal 21 Mei 1998 pidato pengunduran diri dilakukan oleh presiden Indonesia kala itu, Soeharto. Tepat jam 09.00 akhirnya Ia turun dari mandatnya sebagai presiden yang telah dijalani selama 32 tahun. Beliau membacakan isi pidato di istana negara dan dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. BJ Habibie pun akhirnya menggantikan posisi nomor satu tersebut. Menurunlah segala pergejolakan yang terjadi dan upaya perbaikan kondisi ekonomi pun dilakukan.

***

Rentetan kisah tersebut mengantarkan Indonesia ke kondisi yang jauh lebih baik saat ini. Walau masih banyak yang harus diperbaiki, jangan lupa untuk terus semangat dalam memberikan kontribusi untuk Indonesia yang lebih baik ya, Beks! Salam Reformasi!

 

Penulis :  Yasmin Mumtaz

Editor : Nilam B

Leave a Response