Informasi

Ngerasa Dingin Akhir-akhir ini? Ternyata Ini Alasannya

440kali dibaca

Siapa di sini yang semalam menggigil saat tidur??? Sama nih Minbek juga..

Kalian suka bertanya-tanya gak sih apa yang menyebabkan Bekasi yang biasanya panas dengan terik matahari mendadak dingin kayak di puncak? Nah, untuk menjawab pertanyaan kita semua, Minbek tadi iseng cari-cari di internet dan ini jawabannya!

 

Dry Intrusion

Dry Intrusion atau intrusi udara kering merupakan fenomena masuknya udara dingin dari arah Australia, terutama karena di Australia sedang mengalami musim dingin. Angin yang berhembus dari sana masuk ke Indonesia terutama Pulau Jawa terlebih dahulu, makanya suhu jadi terasa lebih dingin dari biasa. Kalau bisa dilihat dari satelit, kurang lebih penampakannya seperti ini Beks.

Arah angin dari selatan. Sumber: Kompasiana.com

Nah, yang garis warna kuning itu adalah pulau-pulau dan yang berwarna kuning merupakan hempasan angin yang sampai di Indonesia. Bekasinians bisa lihat kan kalau anginnya sampai di seluruh bagian Jawa dan Bali serta sebagian Sumatra serta Nusa Tenggara?

Gerak Semu Matahari

Bekasinians ingat gak kemarin ramai-ramah bahas matahari terbit lewat utara? Kejadian tersebut bernama Gerak Semu Matahari yang selalu terjadi setiap tahunnya. Saat ini posisi bumi terhadap matahari berada condong ke utara dan hal itu menyebabkan bagian selatan cenderung lebih dingin.

***

Ini bukan fenomena aneh kok, malah terjadi tahunan dan wajar terjadi. Kamu gak perlu khawatir ya! Bekasinians hanya perlu menjaga kesehatan terutama pada sekarang ini. Jangan lupa selalu minum vitamin, patuhi protokol kesehatan dan pakai baju panjang untuk meminimalisir rasa dingin~

 

Penulis: Yasmin Mumtaz

Editor: Nilam Bdr

Leave a Response