InformasiSejarah

Makna di Balik Peringatan Hari Bhayangkara Setiap Tahunnya

sumber: antarafoto
105kali dibaca

Hai Beks! Selain hari Kamis, pada tahu gak nih sekarang ada hari apa?

Yappp, har ini adalah Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

Peringatan ini merujuk pada peristiwa penetapan PP Nomor 11 Tahun 1946. Dimana peraturan ini membuat institusi polri yang sebelumnya terpisah sebagai kepolisian daerah, bersatu menjadi kepolisian nasional.

Nah, hari Bhayangkara ini berbeda dengan hari jadi Polri ya, Beks! Hari jadi polri jatuh pada tanggal 21 Agustus.

Penamaan Bhayangkara yang identik dengan Kepolisian Republik Indonesia berasal dari zaman kerajaan Majapahit. Istilah Bhayangkara diambil dari bahasa Sanskerta yang merupakan pasukan elite pada masa Majapahit yang bertugas mengawal raja serta keluarga inti kerajaan. Gajah Mada pernah menjadi anggota pasukan Bhayangkara dan beberapa kali menyelamatkan Raja Majapahit dari ancaman.

Selain bertugas sebagai pengawal pribadi raja dan keluarga kerajaan, pasukan Bhayangkara di era Majapahit juga mengemban amanat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tidak muncul gangguan yang berpotensi mengusik stabilitas kerajaan.

Hingga kini, semangat Bhayangkara masih digalakkan dengan memperingatinya setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Seperti untuk tahun ini mengangkat tema:

“Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.”

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Aloysius Suprijadi. – Stadion Patriot Chandrabhaga.

Leave a Response