InformasiSejarah

Jurus Jitu Modernisasi Agar Koperasi Tak Ketinggalan Zaman

Hari Koperasi Indonesia, Wujudkan Modernisasi
88kali dibaca

*Di masa depan*
“Punya member koperasinya, Kak?”
“Ini saya punya member koperasi Jati Makmur.”
“Terima kasih sudah berbelanja di koperasi.”

Halo Bekasinians!

Apa yang kalian pikirkan saat pertama kali mendengar kata Koperasi? Tempat menjual alat tulis? Tempat kalian membeli seragam di sekolah? Kalo kalian padaan nganggep koperasi sekecil itu, ngaco bener!

Koperasi sejak didirikan pada 12 Juli 1947 ada banyak banget jenisnya. Mulai dari koperasi simpan pinjam, jual beli sampai koperasi penjualan/pemasaran. Dengan konsep ekonomi kerakyatan, koperasi ini menjadi wadah bagi para pengusaha kecil untuk memasarkan barang hingga mencari modal.

Sayangnya, koperasi ini dianggap sudah terlalu kuno. Buktinye aje kalian cuma tau kalo koperasi itu jualan alat tulis sama seragam doang, ya gak?–iyalah masa enggak. Teten Masduki, sebagai Menteri Koperasi dan UMKM —koperasi sampe punya kementrian sendiri— mencetuskan ide buat melakukan modernisasi koperasi.

Gambar 1. Bang Teten Masduki // Sumber: Pontas

Ada tiga macem strategi yang dipaparin sama bang Teten Masduki buat ngewujudin modernisasi koperasi. Simak nih mimin mau jelasin, pelan-pelan sambil ngopi aje!

Memperbaiki Sistem

Gambar 2. Koperasi // Sumber: Google

Sistem koperasi yang sekarang, menurut bang Teten kurang bisa ngejangkau banyak pasar. Bener aja, dikalangan muda-mudi kek kita ini kata koperasi menjadi asing di telinga.

Nah, makanya perlu adanya perbaikan sistem koperasi yang lebih canggih dan bisa ngejangkau banyak pasar. Dengan perbaikan sistem, koperasi bisa melebarkan sayap usahanya.

Kali aja nanti kita bisa top up diamond free fire di koperasi~

Membuat Strategi Nasional UMKM dan Koperasi

Ilustasi Koaborasi // Sumber: Kompas

Lanjut lagi nih, agak berat dikit. Jadi koperasi ini dicanangkan bakal punya strategi nasional bareng UMKM. Isinya adalah Instrumen kebijakan yang mewadahi kerja kolaboratif seluruh pemangku kebijakan.

Ngerti kan? Intinya dengan adanya strategi nasional ini, koperasi membuka kerja sama dengan seluruh UMKM di Indonesia. Jadi baik pengusaha maupun koperasi sama-sama diuntungkan nih.

Kalo kripik pedes perum 3 mah udah lama ada di koperasi~

Pembaruan Sistem Pengawas dan Penjamin Koperasi

Ilustasi Sistem Koperasi // Sumber: Google

Pandemi Covid-19 ini bikin beberapa usaha bangkrut, termasuk koperasi. Perlu banget adanya sistem pengawas dan penjamin yang bener dalam koperasi. Tentunya tetap dengan asas kekeluargaan dong, sesuai prinsip dari koperasi.

Kalo jadi pengawas dan penjamin hati eneng, abang syaap~

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu dilakukan buat modernisasi koperasi. Hari koperasi ini bisa jadi momentum kebangkitan ekonomi nasional. Wujudkan modernisasi koperasi, biar jaya di negeri sendiri.

________________________________________________________________________________

Penulis: Fajar Rizki

Editor: Nilam Bdr

Leave a Response