info bekasiInformasiSejarah

Peran Polwan Sebagai yang Terdepan Mengayomi Masyarakat

60kali dibaca

Polwan selalu siap melayani masyarakat. Dengan transformasi Polri yang presisi, Polwan siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional. Menuju Indonesia maju.”

Halo Bekasinians!
Polisi Wanita atau Polwan tepat hari ini 1 September 2021 sedang merayakan hari jadinya ke-73. Satuan Kepolisian Wanita ini didirikan di Bukittinggi, saat itu polisi kesulitan buat meriksa fisik korban, tersangka, atau saksi wanita dalam menangani sebuah kasus. Sering kali Polisi meminta bantuan para istri polisi dan pegawai sipil wanita untuk melaksanakan pemeriksaan fisik.

Melihat dibutuhkannya wanita dalam kepolisisan Indonesia, organisasi wanita di Bukit Tinggi mengusulkan agar wanita diikutsertakan dalam pelatihan polisi. Saran tersebut disambut baik, dengan ditambahkannya 6 (enam) siswa wanita dalam pendidikan kepolisian. Mereka adalah Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmainar, dan Rosnalia Taher yang memulai pendidikannya pada 1 September 1948 di SPN Bukittinggi. Sejak itu, 1 September diperingati sebagai hari jadi Polwan Indonesia.

Polwan Membantu dalam Penegakan Hukum

Polwan Mengayomi Masyarakat // Sumber: Antarafoto

Polwan menjadi bagian penting dalam penegakan hukum. Cara mereka menangani saksi dan korban utamanya anak dan perempuan sangat membuat nyaman. Para saksi dan korban tidak merasa terintimidasi sehingga sangat yakin untuk mengutrakan kebenaran. Hal ini tentu saja membantu dalam kelancaran penyelidikan kasus dan akhirnya hukum bisa ditegakkan.

Salah satu tugas polwan adalah memastikan keadilan mutlak bagi korban kejahatan. Jika kepolisian mengalami kesulitan dalam penyelidikan kasus, tak jarang polwan diperbantukan untuk mencari data yang mendukung kelengkapan kasus agar bisa segera diadili.

Polwan Membantu dalam Mengatur Lalu Lintas

Polwan Mengatur Lalu Lintas // Sumber: Tribun Timur

Tak hanya dalam penegakan hukum di Indonesia, Polwan juga ditugaskan di kesatuan polisi lalu lintas. Kehadiran Polwan untuk mengatur lalu lintas Indonesia bisa memberikan kesan yang humanis. Sehingga masyarakat tidak takut melihat polisi lalu lintas yang berada di jalan.

Selain itu, Polwan dianggap lebih kuat dalam menghadapi praktik suap dan korupsi. Dengan adanya Polwan, citra polisi lalu lintas menjadi lebih baik di mata masyarakat.

Peran Polwan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Polwan Membagikan Masker // Sumber: Polri.go.id

Masa pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama hampir dua tahun. Dalam penanganannya, Polri selalu menjadi yang terdepan untuk mensosialisasikan kebijakan terkait penanganan Covid -19 kepada masyarakat. Kebijakan seperti PPKM, Vaksinasi hingga pembagian bansos Polri selalu terlibat.

Tentunya dalam pelaksanaan, Polwan selalu terlibat karena dianggap lebih baik dalam pelayanan publik. Selain itu, adanya Polwan dalam sosialisasi kebijakan diharapkan dapat membuat masyarakat tertib dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Sosok Polwan di Kota Bekasi

Jajaran Polwan Polres Metro Bekasi Kota // Sumber: Polri.go.id

Bekasi sebagai kota metropolitan memiliki beragam persoalan dalam bidang keamanan dan ketertiban di masyarakat. Polres Metro Bekasi Kota selalu melibatkan Polwan dalam menangani masalah yang sifatnya antisipasi. Salah satu contohnya adalah Polwan sering kali mendatangi sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan tertib berlalu lintas dan bahaya tawuran.

Selain itu, Kota Bekasi juga memiliki subsektor yang dijaga Polwan selama 24 jam. Dua subsektor itu adalah Polsubsektor Pekayon dan Mekarsari yang dijaga oleh 15 polwan. Hal ini membuktikan Polwan kota Bekasi memiliki dedikasi tinggi untuk melayani masyarakat.

Terkait dengan penanganan pandemi, Polwan kota Bekasi pada Selasa, 24 Agustus 2021 menggelar bakti sosial dengan membagikan sembako kepada Yayasan Galuh dan juga petugas pemakaman pasien Covid-19. Kabag Sumda Polrestro Bekasi Kota, AKBP Agustin S. mengatakan Polwan akan terus hadir dan selalu siap melayani dan mengayomi masyarakat.

Nah, itu tadi beberapa peranan Polwan dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Polwan terbukti bisa menyesuaikan perkembangan zaman dan selalu siap dalam berbagai hal bila dibutuhkan. Kontribusi dalam penanganan pandemi menjadi bukti, Polwan selalu ada untuk masyarakat.

Dirgahayu Polisi Wanita Republik Indonesia ke-73. Semoga semakin maju dan siap dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat!

Penulis: Fajar R.

Editor: Nilam Bdr

 

 

 

Leave a Response