Uncategorized

Waspada Pencurian Motor, Sederet Tips Agar Kendaraan Tetap Aman

123kali dibaca

Hai Bekasinians!

Akhir-akhir ini mimin sering lihat berita mengenai kasus curanmor alias pencurian kendaraan bermotor di media sosial. Modus yang dilakukan oleh pelaku dengan menggunakan kunci letter T dan kunci yang tertinggal di motor ini tentu menjadi peringatan besar, agar warga lebih sigap mengamankan kendaraannya.

Buat mencegah hal yang tidak dinginkan tersebut, MinBek punya beberapa tips mudah yang bisa dilakukan. Apa aja sih tipsnya?

  1. Pastikan Parkir di Tempat yang Aman

Sumber: Otomotifnet.com

Salah satu cara yang dapat mencegah terjadinya curanmor ini dengan memarkir kendaraan di tempat parkir yang resmi. Selain tempatnya yang aman, kamu juga harus teliti agar kunci tidak tertinggal di mesin motor.

  1. Kunci Stang ke Arah Kanan

Sumber: Otojurnalisme

Kamu pasti bingung karena biasanya penguncian stang dilakukan ke arah kiri, namun jika kita arahkan penguncian stang ke kanan, maka pelaku akan kesulitan saat beraksi karena ruang untuk membobol kunci letter T akan sempit.

  1. Gunakan Secure Key System

Sumber: Medcom.id

Saat ini kebanyakan sepeda motor sudah dilengkapi dengan penutup di bagian lubang kunci. Kamu jangan lupa menutupnya jika hendak meninggalkan kendaraan.

  1. Pasang Perangkat Tambahan dengan Kunci Ganda

Sumber: otomotif.kompas.com

Memasang kunci ganda dapat kamu lakukan dengan memakai gembok cakram yang dipasangkan pada lubang cakram pada ban depan motor. Cara ini terkenal ampuh, lho!

  1. Pasang Tombol Rahasia

Sumber: GridOto.com

Cara yang terakhir ini juga efektif dengan memasang tombol rahasia atau sensor statis rahasia yang dapat dilakukan di bengkel terpercaya,  keunggulannya adalah hanya pemilik yang bisa menyalakan motor tersebut.

Nah, gimana nih Bekasinians? Semoga tips ini bermanfaat ya buat kalian, selalu waspada!

Penulis: Safira Yusriandi

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response