Uncategorized

Hadapi Perkembangan Teknologi dengan Pelatihan Teknik Fotografi

126kali dibaca

Perkembangan Teknologi semakin maju di Indonesia dan membantu banyak kegiatan masyarakat. Salah satunya adalah penggunaan kamera yang dapat mengabadikan momen-momen yang tak dapat terulang.

Sebagai bentuk kepedulian Mahasiswa Broadcasting, Fakultas Ilmu Komunikasi, Mercu Buana menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan tema “Pelatihan Teknik Fotografi” di SMPN 42 Bekasi. Kegiatan yang masih dalam rangka Kuliah Peduli Negeri ini berlangsung selama tiga kali pertemuan yaitu pada tanggal 28 Oktober, 4 November dan 11 November 2021.

Mahasiswa dan siswa/i pada kegiatan KPN

Kegiatan ini diikuti oleh 20 siswa/i dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Menggunakan 2 merk kamera DSLR yaitu Canan dan Nikon, para siswa mengikuti teknik fotografi untuk dapat menghasilkan foto yang keren.

Hari pertama (28/10) dimulai dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Adinda Kusumaningtyas yaitu pengertian kamera, jenis-jenis kamera, pengertian dan elemen dasar dari fotografi yang meliputi ISO, Diafragma, Shutter Speed. Dilanjutkan dengan sesi praktek singkat dan tanya jawab.

Kemudian hari kedua (04/11) dimulai dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Agnesty Diviani yaitu Teknik- Teknik Pengambilan Gambar. Seperti Extreme Long Shot, Long Shot, Medium Long Shot, Close Up, Big Closeup. Pada materi dua ini juga terdapat penjelasan mengenai teknik fotografi seperti Teknik Panning, Teknik Zooming, dan Teknik Bluring.

Praktik Teknik Fotografi pada program KPN

Hari terakhir (11/11) dilaksanakan lomba antar kelompok yang bertujuan untuk menuangkan ide kreatif, memiliki pengalaman, serta dapat menambah wawasan yang dapat membuat siswa/i menciptakan karya visual yang baik, susia dengan teknik-teknik fotografi yang telah dipelajari.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan karya foto, seperti mereka bermain dengan angle dan menata objek untuk di foto. Siswa – siswi SMPN 42 BEKASI tersebut punya kesempatan untuk menuangkan gagasan, pikiran dan perasaan,” Ungkap Ketua Penyelenggara KPN, Dara Isnaeni. 

Penulis: Nilam Baiduri

Leave a Response