Uncategorized

10 Mei Diperingati Sebagai Hari Lupus Sedunia, Membangun Optimisme Bersama Kawan Lupus

117kali dibaca

Halo Bekasinians!

Pada tau gak hari ini diperingati sebagai hari apa? Tepat pada  10 Mei 2022 ini, diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia. Lupus merupakan sebuah penyakit yang menyerang auto imun, dimana sistem imun menyerang jaringan dan tubuh melalui sel darah maupun paru-paru.

Menurut hasil survey World Health Organization (WHO), lupus survival di dunia mencapai lima juta orang, dan dominan dialami oleh perempuan usia 15-50 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan juga bisa menyerang laki-laki, remaja, hingga anak anak.

“Apakah penyakit lupus ini dapat menular Minbek?”

Jawabannya adalah lupus tidak menular dan bukan termasuk kanker. Salah satu ciri umum dari lupus yaitu adanya ruam merah keunguan di sekitar wajah yang bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu. Oleh karena itu, hari lupus sedunia menggunakan icon hewan kupu-kupu dan di dominasi dengan warna ungu. Penyebab lupus hingga saat ini belum ditemukan secara pasti. Namun faktor genetik, lingkungan, dan hormonal bisa saja mempengaruhi seseorang terkena penyakit lupus.

Sumber: morulaivf

Lalu apa aja yang bisa Bekasinians lakukan dalam rangka memperingati Hari Lupus Sedunia?

  1. Memberikan words of affirmation untuk membangun rasa optimis kepada lupus survival di sekeliling kamu.
  2. Berpartisipasi untuk mempublikasikan twibbon maupun ucapan Hari Lupus Sedunia di media sosial. Linknya bisa diunduh disini: https://www.twibbonize.com/mayislupus-bytittari
  3. Mengajak lupus survival untuk melakukan kegiatan kreatifitas seperti membuat kerajinan tangan.
  4. Memberikan wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki lupus survival.

Gak cuma Bekasinians aja yang bisa melakukan hal ini, lupus survival juga bisa melakukan kegiatan positif diatas lho. Yuk coba mulai mengenal diri sendiri dan melihat kelebihan yang kamu punya. Dengan kelebihan itu, kamu bisa tetap hidup dengan bermanfaat dan menciptakan karyamu sendiri. Perlu diingat, setiap manusia dimata Tuhan itu kita semua sama🖤

Nah itu dia sekilas tentang Lupus serta hal baik yang bisa dilakukan Bekasinians untuk membangun optimisme lupus survival.

Selamat Hari Lupus Sedunia untuk kamu pejuang sehat, tetap semangat yaa. All is well!

Penulis: Nabilah Larazati

Editor: Safira Yusriadi

Leave a Response