Beritainfo bekasiSejarah

Berawal Dari Mainan Anak, Berikut Asal Usul Festival Adu Bedug & Dondang di Mustika Jaya

Sumber: Tribunnews
156kali dibaca

Halo Bekasinians dan Warga Mustika Jaya!

Kota Bekasi kaya akan budaya yang beragam dan tersebar di masing-masing kecamatan maupun kelurahan. Kali ini Minbek mau membahas sejarah tentang Festival Adu Bedug & Dondang. Kira-kira festival ini budaya dari wilayah mana ya ada yang bisa tebak?

“Sebagai akamsi, tau banget gua mah ini dari musjay”

Betul sekali, Festival Adu Bedug & Dondang ini merupakan budaya dari daerah Mustika Jaya. Halo warga Musjay, pada cakep-cakep amat yak warga sini~

Festival Adu Bedug & Dondang merupakan budaya turun temurun yang sudah ada sejak tahun 1950. Asal-usul festival ini bermula dari anak kampung setempat yang memiliki kebiasaan mengarak bedug antar kampung yang rutin dilakukan setiap tahunnya setelah lebaran idul fitri. Mengarak bedug ini dulunya dilakukan untuk hiburan anak-anak kampung.

Sedangkan dondang, menurut tokoh masyarakat setempat, Haji Hadi Sukatma menjelaskan bahwa dondang merupakan wadah yang biasa digunakan untuk membawa hantaran makanan dari pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki. Dondang ini berisi kue dodol, geplak, uli dan wajik. Selain itu juga berisi lauk pauk khas Betawi yaitu sayur gabus pucung, bekakak ayam, sayur bandeng, dan opor ayam.

Sayur Gabus Pucung (Cookpad)

Berawal dari kebiasaan, mengarak bedug antar kampung juga penggunaan dondang semakin banyak diminati warga setempat. Di mulai pada tahun 2006, kebiasaan ini dikelola menjadi sebuah festival tahunan.

Warga Musjay, Minbek punya informasi penting nih buat kamu. Festival Adu Bedug & Dondang Tahun 2022 bakal diadain sebentar lagi pada:

Tanggal: 21-22 Mei 2022

Jam       : 09.00 WIB – selesai

Tempat : Stadion Mini Mustika Jaya.

Festival ini memiliki beragam rangkaian acara yang seru lho, diantaranya parade bedug, atrasi pencak silat, lomba bedug & dondang, bazar budaya, kuliner, dan bakal ada hiburan Topeng Bekasi & Wayang Golek.

Dicatat baik-baik tanggal dan waktunya ya warga Musjay, Jangan sampai ketinggalan.

“Warga kecamatan lain juga boleh kok ikut dateng ke festival ini gak Min?”

Boleh dong ikut meramaikan, karena budaya Bekasi milik kita bersama kok, yuk kita sama-sama ramaikan dan lestarikan budaya yang ada di Kota Bekasi!

Penulis: Nabilah Larazati

Editor: Safira Yusriandi

Leave a Response