Berita

Presiden Jokowi Tak Lagi Wajibkan Pakai Masker di Luar Ruangan, Bagaimana Tanggapan Masyarakat?

Sumber: Sekretariat Kebinet RI
74kali dibaca

Hai Bekasinians!

Pada tanggal 17 Mei 2022, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo resmi mengeluarkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan. Hal ini disampaikan melalui konferensi pers secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden RI.

Kebijakan ini dikeluarkan melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik, namun beliau tidak ingin melonggarkan penggunaan masker secara terburu-buru seperti negara lain.

sumber: Sekretariat Kabinet RI

“Kita perlu beradaptasi dari masa pandemi Covid-19 ke masa transisi endemik secara perlahan. Untuk usia rentan dan memiliki komorbid diharapkan tetap memakai masker” Ujar Pak Jokowi.

Akibat kebijakan ini, tak sedikit memunculk pro dan kontrak di masyarakat.

Masyarakat yang mendukung kebijakan ini merasakan adanya euforia yang begitu besar terkait kebebasan untuk menghirup udara segar kembali tanpa adanya masker, juga tidak adanya lagi razia masker yang dianggap menggantu keterbatasan aktivitas di tempat-tempat umum.

Berbeda dengan masyarakat yang menolak kebijakan ini, beberapa orang cenderung jatuh di zona nyaman, dan memilih untuk tetap menggunakan masker.

“Aku udah 2 tahun sama dia (masker), ya sayang banget lah”

Selain sudah menjadi kebiasaan, masker juga dimanfaatkan sebagai alat untuk menutupi rasa tidak percaya diri bagi anak-anak muda.

“Udah gak bisa lagi deh pura-pura senyum, dan ngomong sendiri pas lagi di jalan”

Bahkan, sebagian orang merasa kalo gak pake masker seperti ada yang hilang, rasanya bagaikan gak pake baju.

“Minbek, gak pake masker rasanya kayak buka aurat, gak pake baju😢”

Minbek sih tim tetep pake masker karena sudah terbiasa, untuk menutupi rasa kurang percaya diri, dan juga untuk melindungi diri dari debu dan polusi udara.

Kalau Bekasinians tim tetep pake masker atau tim yang udah senang lepas masker nih?

Penulis: Nabilah Larazati

Editor: Safira Yusriandi

Leave a Response