Life Style

Do’s & Don’ts Ketika Naik Pesawat Udara, Jaga Kenyamanan Antar Penumpang

Sumber: Pinterest
84kali dibaca

Halo Bekasinians!

Wah gak kerasa yaa sudah kembali lagi ke hari sabtu, udah punya rencana kemana malam ini Bekasinians? Yang tetap di rumah aja, Minbek akan temenin kamu dengan membahas artikel seputar hal-hal viral yang ramai berlalu-lalang di media sosial. Bekasinians pasti sudah tau kan? Belakangan ini viral seorang ibu-ibu dan anak muda yang tidak mau mengantri saat hendak keluar dari pesawat. Hal ini menyebabkan keduanya saling beradu argumen di dalam pesawat. Untuk video lengkapnya bisa cek link disini: https://hot.liputan6.com/read/4962491/video-viral-adu-mulut-penumpang-pesawat-akibat-serobot-antrian-keluar

Dari tindakan salah satu penumpang yang naik pesawat di video tadi, Minbek mau share Do’s & Don’ts ketika Bekasinians menggunakan transportasi Pesawat Udara.

Do’s:

1. Menyiapkan Boarding Pass & Kartu Tanda Pengenal (KTP)

Bekasinians, hal pertama yang wajib kamu siapkan sebelum naik pesawat udara ialah menyiapkan tiket pesawat dan KTP. Minbek sarankan kamu datang 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, hal ini meminimalisir kamu tertinggal pesawat lho, selain itu udah gak perlu antri panjang dengan penumpang lain yang waktu kedatangannya berdekatan dengan jadwal flight.

2. Tidak membawa barang tajam & berlebihan

Selain menyiapkan tiket, bekasinians juga perlu memperhatikan barang bawaan yang hendak dibawa ketika naik pesawat udara. Adapun barang-barang yang tidak boleh dibawa ketika menggunakan transportasi ini yakni bahan peledak (kembang api, petasan, korek api), benda tajam (pisau, gunting, pencapit kuku, senjata tajam), cairan yang mudah terbakar, benda logam, barang yang mengandung gas seperti semprotan rambut, dan masih banyak beberapa barang lainnya. Selain itu bawalah barang-barang secukupnya dengan batas maksimal 20 kg.

3. Saling Membantu Antar Penumpang

Bekasinians, kita pasti menemukan penumpang yang beragam di dalam pesawat. Seperti lansia yang kesulitan membawa barang bawaan yang berat, Ibu muda yang kewalahan membawa anaknya yang sedang tantrum, atau rombongan keluarga yang seat nya terpisah dari orang tua dan anaknya. Jika kamu menemukan penumpang seperti ini, sudah menjadi kewajiban kita untuk membantu antar sesama. Seperti membantu membawa barang bawaan lansia, mencoba menghibur anak kecil yang sedang tantrum di pesawat, atau bersedia bertukar kursi dengan kesepakatan bersama dan atas izin pramugari pesawat.

Kabin Pesawat (pinterest)

Don’ts:

1. Menempati Tempat Duduk Orang Lain Yang Tidak Sesuai Dengan Tiket

Minbek paham banget duduk di deket jendela jadi spot paling estetik pas naik pesawat. Tapi, kita gak boleh yaa duduk ditempat yang tidak sesuai dengan tiket yang sudah kita beli. Apalagi kalau duduk di seat yang berbeda tipe kelas seperti business class. Waduh, jangan ya Bekasinians~

2. Tidak Membuat Kegaduhan atau Bising Selama Perjalanan

Kita harus menghargai ketenangan antar penumpang selama perjalanan. Bisa saja salah satu penumpang merupakan seorang pekerja yang habis lembur dan membutuhkan istirahat, atau ada seorang ibu dan bayi yang kelelahan dan sedang tidur di dalam pesawat. Oleh karena itu, baiknya saling jaga sikap dengan tidak membuat kebisingan, seperti mendengarkan musik menggunakan speaker, atau mengobrol dengan sesama penumpang dengan suara yang keras.

3. Tidak Saling Berebut Keluar Dari Kabin Pesawat

Nah, bagian ini yang lagi disorot sama netizen di media sosial, Bekasinians kita gak perlu terburu-buru untuk keluar dari kabin pesawat ya. Karena para crew pesawat harus memastikan keamanan penumpang sebelum turun dari pesawat. Jangan sampai posisi pintu pesawat, tidak berdekatan dengan tangga yang mengakibatkan adanya korban jiwa. Oleh karena itu, tetap tenang dan antri yaa. Bakal ditungguin kok sama pak pilotnya!

Bekasinians, udah pada pernah bepergian dengan pesawat?

“Pernah min, tapi pesawat kertas yang bensinnya harus ditiup dulu. HAAAHHH”

Minbek doain, yang belom pernah naik pesawat semoga rejekinya lancar supaya bisa ngerasain naik pesawat yaa. Sekian artikel hari ini terkait Do’ & Don’ts jika bepergian dengan pesawat udara. Jadilah penumpang yang bijak, apapun transportasinya yaa. Byee!

Penulis: Nabilah Larazati

Editor : Safira Yusriandi

Leave a Response