info bekasiInformasi

Bekasi Ada Dua? Perbedaan Kota dan Kabupaten

1.98Kkali dibaca

Masih banyak warga Bekasi yang salah paham mengenai tempat mereka tinggal. Apakah wilayahnya termasuk Kabupaten atau Kota? Tidak sedikit juga yang salah membuat pengaduan terkait wilayahnya. Yang seharusnya melapor ke Bupati, eh, kok, malah melapor ke Walikota. Nah, sebenarnya kenapa ‘sih Bekasi bisa jadi ada dua? Berikut sejarah singkatnya.

Dulunya Kabupaten Bekasi bernama KEN Jatinegara. Kemudian setelah proklamasi berubah menjadi Kabupaten Jatinegara. Pada tahun 1950 terjadi unjuk rasa oleh 40.000 Rakyat Bekasi yang mengajukan usul pada pemerintah pusat agar Kabupaten Jatinegara diubah menjadi Kabupaten Bekasi.

Pada tahun 1960, kantor pemerintahan daerah Kab. Bekasi dipindahkan dari Jl. Ir. H. Juanda ke Jl. Jend. A. Yani karna Kecamatan Bekasi menunutut dimekarkannya Kecamatan Bekasi menjadi Kota Administratif yang terdiri dari Bekasi Timur, Bekasi Barat, Bekasi Utara dan Bekasi Selatan. Karna perkembangannya yang cukup melesat, akhirnya status Kota Bekasi ditingkatkan menjadi Kotamadya, kini dikenal dengan sebutan Kota.

Terus, bedanya Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi apa?

Dalam aspek wilayah, luas wilayah Kabupaten biasanya lebih besar dibanding wilayah Kota. Luas Kab. Bekasi 1.484,37 km2 sedangkan Kota Bekasi 210.49 km2.

Dalam aspek kepadatan penduduk; Kota Bekasi 2.431.480 jiwa sedangan Kab. Bekasi 2.830.401 jiwa.

Aspek mata pencaharian, mayoritas mata pencaharian di Kota adalah perdagangan dan jasa sementara di Kabupaten adalah pertanian atau bidang yang menyangkut dengan agraris.

Pemimpin daerah; Kota Bekasi dipimpin oleh Walikota dan Wakil Walikota sedangkan Kabupaten dipimpin oleh Bupati & Wakil Bupati.

Dalam segi perekonomian, aktivitas ekonomi dan pendapatan di wilayah Kota lebih besar dibandingkan wilayah Kabupaten.

Nah, sampai sini jangan salah lagi, ya antara Kota dan Kabupaten Bekasi.

Leave a Response