Uncategorized

Hari Kelautan Nasional, Momen Perayaan Surga Maritim Dunia

56kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kita udah masuk di tanggal 2 Juli tahun 2020 nih, itu berarti hari ini Indonesia akan merayakan Hari Kelautan! Nah, Bekasinians pasti tau kan kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar daerahnya ditutup oleh birunya laut—luas lautan di Indonesia seluas 5 juta km persegi—sedangkan sisanya diisi oleh daratan yang luasnya hanya 2 juta km persegi saja.

Gambar 1. Keindahan Laut Indonesia

Wow, berarti Indonesia emang pantas ya dipanggil negara maritim? Jelas dong! Dengan laut yang membentang luas di sepanjang khatulistiwa, sumber daya alam dari kedalaman banyu birunya, eksotisme pemandangannya, hingga jadi rumah untuk ribuan spesies biota laut yang menambah keindahan Indonesia.

Maka dari itu dalam rangka mensyukuri karunia dari Tuhan untuk Indonesia, maka tanggal 2 Juli ini ditetapkan sebagai “Hari Kelautan Nasional”.  Hari Kelautan Nasional bertujuan sebagai pengingat bagi kita agar lebih peduli terhadap keberlangsungan kemaritiman kita, sebagai masyarakat Indonesia kita harus mulai peduli terhadap ‘permata’ milik kita agar tak rusak dan hilang.

Selain perayaan Hari Kelautan Nasional, masyarakat Indonesia juga harus diedukasi mengenai vitalnya laut bagi perekonomian bangsa. SDA yang melimpah ruah memang menjadi ladang potensial untuk dimanfaatkan, tetapi masyarakat harus diedukasi agar tidak melakukan pemanfaatan secara berlebihan yang dapat merusak biota laut kita. Kesadaran bersama untuk ikut menjaga dan melestarikan laut Indonesia akan memastikan bahwa kekayaan hayati laut Nusantara tidak hanya menjadi kebanggaan generasi sekarang, tetapi juga menjadi kekayaan yang dapat terus dinikmati oleh generasi akan datang.

Itu dia Bekasinians kenapa Hari Kelautan Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Juli, kita semua harus menjaga kelestarian laut ya agar anak cucu kita nanti dapat merasakan indahnya banyu biru yang membentang luas di khatulistiwa.

Sampai jumpa di post selanjutnya ya Bekasinians!

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.