Sejarah

Perayaan Dirgahayu Bhayangkara ke-74, Ternyata Beda dengan Hari Jadi Polri Loh!

65kali dibaca

Di hari ini tanggal 1 Juli 2020, Polri merayakan hari Bhayangkara yang ke-74. Yuk Bekasinians simak artikelnya!

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merupakan institusi kepolisian nasional di Indonesia yang memiliki tugas untuk memelihara ketertiban di masyarakat, menegakkan hukum, dan mengayomi serta melayani masyarakat. Polri sebagai institusi bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Jumlah personel Kepolisian Republik Indonesia saat ini berjumlah 470.391 orang yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. (Data dari katadata.id pada tahun 2019)

    Gambar 1. Polisi Indonesia

Polri memiliki motto yaitu Rastra Sewakottama. Dalam bahasa Sanskerta, Rastra berarti “bangsa” atau “rakyat” dan Sevakottama berarti “pelayan terbaik”. Motto ini jika diartikan sebagai kalimat yang padu, akan menjadi “Polri sebagai pelayan dan abdi utama negara dan bangsa”.

Jangan salah juga ya Bekasinians, hari Bhayangkara tidak sama dengan hari jadi Polri. Hari Bhayangkara adalah momentum dimana Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 dikeluarkan oleh Presiden RI pada tanggal 1 Juli 1946. PP (Peraturan Presiden) ini menyebutkan bahwa kepolisian yang sebelumnya terpisah sebagai kepolisian daerah, akan digabung dan menjadi kepolisian nasional yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Polri sendiri berdiri pada 21 Agustus 1945, setahun sebelum dikeluarkannya PP Nomor 11 Tahun 1946.

Nah, ada fakta unik nih Bekasinians yang bagus banget untuk nambah wawasan kamu. Polri, sebelum menjadi institusi kepolisian seperti saat ini pada zaman lampau merupakan pasukan Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Patih Gajah Mada. Pasukan itu diberi nama Bhayangkara dan bertugas untuk melindungi raja dan kerajaan Majapahit. Hal ini dijadikan landasan bagi Polri untuk menjadikan Patih Gadjah Mada sebagai  simbol Polri dan patungnya didirikan di depan kantor Mabes Polri.

Gambar 2. Patih Gadjah Mada, Pelopor pasukan Bhayangkara

Semangat Bhayangkara hingga hari ini masih digalakkan oleh Polri dengan merayakan hari Bhayangkara setiap tahunnya. Polisi yang selalu melayani dan mengayomi masyarakat dengan berpedoman Rastra Sewakottama dan masyarakat yang senantiasa menaati peraturan, akan menjadikan bumi Indonesia tempat yang aman dan tentram. Begitu Bekasinians sejarah tentang hari ulang tahun Bhayangkara ini, abis baca artikel ini Bekasinians harus bisa bedain ya kapan hari Bhayangkara dan kapan hari berdirinya Polri!

 

Penulis : Irza

Editor : Fauzy K. Sandi

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.