Sejarah

Tugu Perjuangan Bekasi: Dari dan Punya Orang Bekasi

103kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kalian pernah ke alun-alun Kota Bekasi kan? Nongkrong, olahraga, main bersama keluarga, alun-alun Kota Bekasi memang tempat yang tepat buat kamu bersuka ria. Kalau kamu pernah kesitu, pasti udah liat dong tugu putih yang berdiri tegak di tengah tamannya. Tugu itu bernama “Tugu Perjuangan Kota Bekasi”, di post kali ini kita bakal bahas sejarah kenapa tugu setinggi 5 meter ini didirikan di Kota Bekasi.

Gambar 1. Tugu Perjuangan Kota Bekasi

Di tugu itu, ada sebuah plakat di dekatnya yang menginformasikan: “Pembuatan monumen ini diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati HUT RI ke-10 dan HUT ke-5 Kabupaten Bekasi dan diresmikan pada 5 Juli 1955. Pembuatannya berkaitan dengan beberapa peristiwa yang terjadi di Bekasi, di antaranya peristiwa bulan Agustus dan peristiwa awal Februari 1950.”

Apa arti dari tulisan di plakat ini? Untuk memahaminya, Bekasinians perlu mengetahui peristiwa-peristiwa bersejarah yang jadi dasa berdirinya tugu ini. Ada 3 peristiwa penting yang memberikan alasan berdirinya Tugu perjuangan Bekasi, yang pertama adalah peristiwa pengumuman kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.  Pada 16 Agustus 1945, pemuda Jakarta datang ke Bekasi untuk memberitahukan bahwa akan diadakan rapat akbar di Lapangan IKADA (sekarang Lapangan Monas). Tetapi ketika pemuda Bekasi datang ke Jakarta rapat tersebut tidak jadi diadakan, karena telah diputuskan bahwa hari itu akan menjadi hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilakukan di Jalan Pegangsaan No.56 dan para pemuda itu kembali ke Bekasi. Sesampainya di Bekasi mereka memutuskan untuk memberitahukan berita proklamasi di alun-alun  Bekasi, menjadikan alun-alun tersebut tempat berdirnya tugu tersebut.

Gambar 2. Plakat Tugu Perjuangan Bekasi

Peristiwa kedua yang menjadi alasan berdirinya tugu ini adalah, pertempuran antara serdadu Sekutu dan NICA (Belanda) melawan para pejuang di Alun-Alun Bekasi pada Juni 1946. Pertempuran  itu memaksa garis pertahanan laskar dan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) mundur sampai bantaran timur Kali Bekasi. Pertahanan di Bekasi yang disebut “Gerbang Republik” itu akhirnya berhasil dihancurkan pasuka Belanda saat Agresi Militer I pada 21 Juli 1947, pertempuran dahsyat itu dikenang dengan adanya tugu ini.

Lalu, peristiwa berdirinya Kabupaten Bekasi yang mandiri menjadi salah satu alasan berdirinya tugu ini.  Pendirian itu bermula dengan diadakannya rapat umum di Alun-Alun Bekasi, yang dihadiri berbagai tokoh dan masyarakat Bekasi. Rapat yang menghasilkan “Resolusi Rakyat Bekasi” itu berisi tuntutan terbentuknya wilayah Bekasi, hasil rapat itu dibawa Panitia Amanat Rakyat Bekasi ke Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat (RIS)—Wakil Presiden RI Mohammad Hatta.

Pemerintah pusat mengabulkan permintaan warga Bekasi. Daerah Bekasi yang tadinya merupakan bagian dari Kabupaten Jatinegara, kemudian berubah jadi Kabupaten Bekasi dengan dibentuknya Undang-Undang Nomor 14 tahun 1950 tertanggal 15 Agustus 1950.

3 peristiwa penting itu menjadi kulminasi untuk sebab berdirinya Tugu Perjuangan Bekasi, monumen itu jadi saksi peristiwa yang bersemayam di fondasinya. Setelah kamu tau alasan kenapa monumen ini berdiri, minbek—nama lucu admin Bekasi Keren—berharap supaya Bekasinians dapat melestarikan keindahan tugu ini ya. Belajar menghargai sejarah yang membentuk fondasi zaman, lalu kamu akan menemukan keindahan di setiap riwayatnya.

Sampai jumpa di post berikutnya ya Bekasinians!

 

 

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.