SejarahUncategorized

Ulang Tahun ke-67 Bank Indonesia, Simak Sejarah Menariknya!

79kali dibaca

Bank Indonesia pada hari ini tanggal 5 Juli 2020 sedang berulang tahun nih Bekasinians, nih kita mau kasih tau kalian sejarahnya!

Hai Bekasinians!

Hari ini Bank Indonesia lagi berulang tahun yang ke-67 nih. Sebagai Bank sentral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bank Indonesia bertugas untuk mencetak dan mengedarkan uang untuk Negara Indonesia serta menjaga kestabilan nilai mata uang Indonesia yaitu Rupiah. Di hari spesial Bank Indonesia, nyok kita bahas riwayat berdirinya Bank Indonesia!

Pada tahun 1828, pemerintah Hindia-Belanda mendirikan De Javasche Bank yang difungsikan sebagai tempat percetakan dan pengedaran. Setelah mencapai kemerdekaan pada tahun 1945, Bank Indonesia kemudian didirikan pada tahun 1953 oleh pemerintah Indonesia sebagai pengganti De Javasche Bank. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia saat itu memiliki tiga fungsi utama yaitu di bidang perbankan, moneter, dan sistem pembayaran. Di awal masa berdirinya, Bank Indonesia juga memiliki fungsi sebagai Bank komersial.

Gambar 1. Gedung De Javasche Bank

Lima belas tahun kemudian—tepatnya di tahun 1968, pemerintah menerbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang isinya mengatur tentang tugas serta kedudukan Bank Indonesia. Undang-Undang ini tentunya juga sebagai pembeda atas bank-bank lain yang melakukan fungsi komersial. Setelah diterbitkan Undang-Undang tersebut, Bank Indonesia juga memiliki tugas tambahan buat membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Pada tahun 1999 Bank Indonesia mulai mendapatkan wewenang sebagai Bank Sentral independen yang memiliki tugas dan wewenang untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Tugas tersebut ditetapkan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1999. Sampai hari ini wewenang terus diemban oleh Bank Indonesia sebagai ujung tombak dalam menjaga kurs nilai rupiah.

Gambar 2. Stabil atau tidaknya mata uang rupiah merupakan tanggung jawab BI

Bank Indonesia memiliki 2 kedudukan penting dalam melaksanakan tugasnya sebagai bank sentrak, yang pertama adalah sebagai lembaga negara yang independen dan yang kedua sebagai badan hukum. Kedudukan Bank Indonesia sebagai lembaga Negara yang independen memiliki arti bahwa BI memiliki otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana yang telah ditentukan dalam undang-undang. Pihak luar tidak diijinkan untuk mencampuri tugas BI dan BI juga berhak menolak intervensi dalam bentuk apa pun. BI yang juga sebuah badan hukum, memiliki fungsi untuk menetapkan peraturan hukum selama masih sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ada fakta unik nih Bekasinians, sebenarnya Bank Indonesia di melalui undang-undang di tanggal 1 Juli 1953. Loh, terus kenapa ulang tahunnya tanggal 5 ya? Nih kita kasih tahu ya. Pada tahun 1945, sebuah yayasan didirikan Sebelum De Javasche Bank bertransformasi menjadi Bank Indonesia, yayasan ini kemudian dilebur dengan bank baru yang didirikan oleh pemerintah Indonesia. Bank itu bernama Bank Nasional Indonesia (BNI), bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli 1946. Pemerintah kemudian memutuskan untuk menjadikan 5 Juli sebagai hari jadi Bank Indonesia karena peleburan Yayasan Bank Indonesia dengan BNI.

Di tanggal 5 Juli ini, mari kita doakan semoga Bank Indonesia dapat terus menjadi lembaga yang amanah dalam melaksanakan wewenangnya ya Bekasinians. Yaudah itu aja sih tentang sejarah Bank Indonesia dari berdirinya hingga hari ini, barang kali Bekasinians masih penasaran dengan sejarah lengkap Bank Indonesia bisa kunjungi Museum BI di Jalan Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat.

 

Penulis : Irza Fauzan

Editor : Fauzy K. Sandi

 

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.