InformasiTri Adhianto

Bekasinians, Yuk Menanam Dengan Teknik Hidroponik!

113kali dibaca

“Bang, Bang.”

“Ngapa sih Mpok? lagi enak ngopi inih.”

“Itu si Inah tetangga sebelah, nanem hidroponik. Masa nanem pohon kagak make tanah, modal aer ama pipa doang.”

“Hah? Emang bisa kalo kagak pake tanah, mana ada ih mpok”

“Ah abang mah, ini dikasi tau deh ama Minbek.”

Hai Bekasinians!

Pada tau gak sih kalau bumi sekarang lagi sakit? Iya Bumi juga bisa sakit, tepatnya kekurangan oksigen. Dikutip dari jurnal Science, disebutkan bahwa jumlah wilayah di samudra yang memiliki tingkat oksigen rendah atau bahkan gak ada sama sekali. Gak tanggung-tanggung, meningkatnya hingga empat sampai sepuluh kali lipat!!

Gambar 1. Samudra dunia kini kekurangan oksigen

Hasil penelitian yang dilakukan oleh gabungan ahli dari Global Ocean Oxygen Network yang berada di bawah United Nations Intergovernmental Oceanographic Commision ini menjadi momok yang menakutkan buat seluruh penghuni bumi. Penelitian mereka menjadi sebuah fakta bahwa saat ini bumi memang membutuhkan pasokan oksigen—walaupun kekurangan oksigen ini memang fenomena yang sulit dihindari.

Nah kalau udah begitu, apa sih bisa kita lakukan untuk menolong bumi? Kita bisa memulai menanam tanaman hijau. Bisa dimulai dari pekarangan yang ada di rumah kita, karena ternyata 1 tanaman hijau mampu menghasilkan oksigen sekitar 117 liter setiap tahunnya. Bayangkan kalau kamu punya 100 tanaman di rumahmu?? Tapi gimana kalau Minbek kasih tau kamu cara budidaya yang unik dan cantik buat pekarangan rumah kamu, caranya adalah dengan menggunakan teknik hidroponik!

Gambar 2. Selada yang ditanam dengan teknik hidroponik

Teknik menanam hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air dengan lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Lebih kerennya lagi, saat ini hidroponik menjadi trend menanam yang banyak digeluti oleh masyarakat.

Dahulu Teknik hidroponik  sudah dilakukan pada abad 600-562 SM. 600 tahun yang lalu Raja Nebuchadnezzar dari Kerajaan Babilonia telah membudidayakan taman gantung dengan teknik hidroponik ini disebut “Taman Gantung Babilonia”. Teknik hidroponik baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an, Hidroponik menjadi sebuah bahasan di Fakultas Pertanian di Kampus Universitas Gadjah Mada. Teknik yang telah dibahas oleh UGM ini kemudian diterapkan oleh Bob Sadino dengan skala industri, ia membudidayakan tanaman-tanaman ini di lahan seluas 2.5 Hektar.

Gambar 3. Tanaman pada Taman Gantung Babilonia, ditanam dengan teknik hidroponik

 

Di Kota Bekasi sendiri, hidroponik menjadi komuditas yang saat ini banyak digeluti oleh masyarakat. Kebanyakan dari mereka, memanfaatkan lahan yang ada diperkarangan rumah untuk menjadi lahan hidroponik. Jadi engga ada alasan ya untuk tidak mulai menanam pohon. Selai itu Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto atau yang lebih akrab disapa Mas Tri ini juga mengajak masyarakatnya untuk menanam menggunakan teknik hidroponik sehingga nantinya bisa menjadi Petani Modern yang mempunyai peluang bisnis dari hasil panennya.

Gambar 4. Bapak Tri Adhianto mengunjungi salah satu kebun hidroponik yang dibudidayakan warga Kota Bekasi

Setelah tahu info-infonya, yuk Minbek ajarin cara menanam secara hidroponik. Ini dia caranya:

  1. Siapkan beberapa pipa atau talang, dan pompa.
  2. Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya dengan jarak antar lubang sama.
  3. Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk jadi tempat menanam tanaman.
  4. Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah.
  5. Pasang pompa untuk mengalirkan air bernutrisi agar alirannya maksimal.
  6. Konsep dasar sistem ini, tanaman tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam, serta menjaga sirkulasi agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air tercukupi.

“Gitu tuh bang cerita ama cara-caranye. Abang tertarik gak nih ama teknik menanam hidroponik?”

“Ayok dah! Kalo dipikir-pikir gersang banget ye rumah kite. Sekalian ngikutin anjuran Pak Wakil dah yook.”

“Etttt gitu kek Bang, jadi resep dah ama abang 😊”

Noh sekarang si Abang udah mau tuh disuruh menanam ama si Mpok. Sekarang giliran kamu Bekasinians—Mari hijaukan Bekasi, Selamatkan dunia.

Penulis = Irza Fauzan

Editor = Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.