Life StyleSeni dan Musik

5 Novel Distopian yang Asyik Kamu Baca Saat Dirumah

132kali dibaca

Halo Bekasinians!

Pada bosen gak sih sama aktivitas yang gitu-gitu aja? Kalau gak main gadget, buka media sosisal yang ujung-ujungnya ketiduran. palingan juga tidur. Daripada jadi sobat rebahan mulu, mending baca buku untuk nambah kosa kata dan pengetahuan Kita yuuuk!  Kali ini Minbek mau kasih rekomendasi novel distopia yang bisa jadi referensi saat Kamu ingin baca buku. Tapi sebelum Minbek kasih tau judul bukunya, pada tau gak sih apa novel distopia itu? Novel Distopia adalah karya fiksi (tidak nyata) tentang suatu komunitas atau kelompok yang tidak sebagaimana mestinya, Seperti ada situasi di mana tatanan dunia sudah berbeda dari yang seharusnya, bisa juga seperti pemerintah yang totaliter dan kemerosotan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Apa aja judul bukunya? Simak informasi dari Minbek di bawah ini yaaaa.

Gambar 1. Reka adegan kamu ngorok

 

  1. Fahrenheit 451

Terbit pada tahun 1953, novel ini bercerita tentang dunia di mana buku tidak boleh ada dan harus dibakar karena dianggap doktrin dari dunia lama. Hal yang bikin seru dari novel ini yaitu karakter utamanya—Guy Montag—merupakan seorang pembakar buku tetapi karena suatu hal yang terjadi di novel ini, ia memutuskan untuk tidak berbuat demikian. Novel yang bikin kamu tersindir buat baca buku nih, cocok banget kalau kamu mau mulai baca karena halamannya yang sedikit (256 halaman).

 

  1. 1984

Novel yang menceritakan dunia dalam genggaman diktator jahat yang mengawasi warganya melalui media yang disebut telescreen. Novel ini dianggap visioner karena, walaupun ditulis di tahun 1949 tetapi penulisnya—George Orwell—berhasil menggambarkan situasi seperti zaman modern di mana media-media untuk mengawasi masyarakat sudah lazim digunakan. Contoh gampangnya sih seperti berbagai perusaaan digital menjual belikan data konsumennya dan diam-diam melakukan pengintaian melalui kamera yang terdapat pada gadget. Minbek ngeri banget ih pas baca novelnya, kayak ngeramal masa depan gitu loh jadinya.

 

  1. Do Androids Dream of Electric Sheep

Bekasinians, pernah nonton Blade Runner atau Blade Runner 2049 ga? Nah, Do Androids Dream of Electric Sheep ini merupakan basis dari film tersebut.  Ah, tapi mau udah pernah atau belum  kayaknya Kamu tetap harus baca novel ini deh, novel ini bercerita tentang dunia yang diisi robot dengan fisik menyerupai manusia—mereka disebut replicant. Ketika para replicant mulai punya kesadaran untuk memberontak, sebuah satuan polisi ditugaskan untuk menghabisi mereka; satuan polisi tersebut disebut Blade Runner. Kebayang gak sih kalau di masa depan semua teknologi diganti oleh robot, pasti serem banget ya Bekasinians.

 

  1. Divergent

Distopian dengan bumbu romance yang kental? Divergent bakal jadi bacaan yang cocok banget buat kamu yang suka novel cinta-cintaan tapi mau cari genre yang lebih serius. Dengan setting cerita di dunia masa depan di mana manusia dibagi jadi 5 faksi berdasarkan sifat merekea yang paling menonjol. Karakter utama yaitu Tris masuk kedalam golongan manusia yang memiliki banyak sifat menonjol yaitu Divergent. Nantinya, di novel ini Tris akan berpetualang bersama seorang pria tampan bernama Four yang masuk kedalam golongan Divergent juga. Mereka diburu oleh orang-orang jahat yang merasa golongan Divergent sangat berbahaya dan merusak stabilitas kehidupan. Minbek suka banget deh hubungan si Four ama Tris, bikin gemes sendiri deh pokoknya!

 

  1. The Hunger Games

Novel ini bercerita tentang sebuah negara bernama Panem yang sebelumnya adalah Amerika Utara yang telah hancur. Di negara ini sebuah permainan bertahan hidup dengan mengumpulkan 2 orang dari 12 distrik yang ada di Panem, tradisi itu dilaksanakan setiap tahunnya. Karakter utama bernama Katniss Everdeen, yang harus berusaha bertahan hidup dengan menghabisi 24 kontestan lain yang mengikuti permainan ini. Novel ini seru banget karena perjuangan Katniss untuk bertahan hidup di permainan ini sangat menegangkan dan penuh aksi Bekasinans! Bikin kamu ga bosen bacanya karena emang bikin kamu penasaraan terus, recommended banget pokoknya!

Gambar 2. Nah, ayo sekarang baca buku!

Oke, itu dia novel distopia yang bisa jadi referensi untuk mengisi waktu luang Kamu. Yaudah, Minbek cabut dulu ya Bekasinians, sampai jumpa di post berikutnya!

Penulis = Irza Fauzan

Editor = Nilam Baiduri

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.