Life StyleTri AdhiantoWisata

Curug Parigi, Niagaranya Bekasi.

63kali dibaca

Halo Bekasinians!

Kadang kamu bingung gak sih, tempat wisata di Bekasi tuh yang bagus dimana? Setelah mikir panjang gak karu-karuan ujung-ujungnya ke puncak, motoran jauh-jauh, mampir ke warpat buat nongkrong dan selfie biar tetep eksis di media sosial, terus cebur-cebur dingin di Curug Jaksa. Seru sih, tapi emang kamu gak pengen wisata yang deket-deket aja Bek? (Panggilan lucu Bekasinians dari Minbek 😊)

Gambar 1. Dasar kamu pemburu selfie

Walaupun saat ini Bekasi jadi kota yang sibuk dengan yang hiruk pikuk kehidupan industri dan pusat perbelanjaan, ternyata ada juga loh  “Anugerah Alam” yang belum terjamah banyak orang.

“Dimane tuh Minbek?” Si Mpok tiba-tiba nanya ke Minbek

“Eh ada si mpok, nih Minbek kasi tau deh ya; ada satu tempat wisata di Bekasi nih yang bakal asik banget buat Mpok kunjungin nih.”

“Wiiii,  kasi tau dong Minbek!”

Ehem, Minbek balik lagi ya ngomong ama Bekasinians, nama tempatnya adalah Curug Parigi. Kamu mungkin belom pernah denger ya tentang Curug Parigi? Curug Parigi terletak di Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang. Minbek pernah sih waktu itu kesana, pas banget ada mobil wisata punya Pemkot Bekasi lewat jadi nebeng deh ke Curug Parigi. Tapi kalau Kamu kesana pakai kendaraan pribadi, bisa sambil liat Google Maps aja yak. Untuk tiket masuk, Kamu boleh bayar seikhlasnya karena gak ada tarif khusus dari pengelolanya.—ya itung-itung buat uang kebersihan gak ada salahnya juga kan kalau Kamu ngasih.

Gambar 2. Curug Parigi

Dulunya Curug Parigi ini  di tahun 80-an sering dijadiin lokasi syuting FTV, Sinetron, Reality Show, sampai film layar lebar. Salah satu film tahun 80-an yang menggunakan Curug Parigi sebagai lokasi syuting adalah “Dia Sang Penakluk” yang dibintangi oleh legenda film horror Suzanna, keren banget ya!

Curug Parigi ini ternyata bukan Curug alami loh Bek. Dulunya area ini dikenal sebagai area bekas tambang pasir atau galian pasir. Dimana bekas galian tersebut akhirnya membentuk ketinggian yang berbeda. Dari perbedaan tinggi tersebut, membuatnya bak air terjun mini yang terlihat alami. Ketinggian Curug mencapai 2 meter, dengan lebarnya yang mencapai 20 meter. Siapa sangka dari kenakalan dan sifat eksploitatif manusia bisa menghasilkan tempat wisata yang indah ini. Eiitsss bukan berarti Kita bisa berprilaku demikian yak, nanti alam kita lama-lama jadi rusak ☹

Banyak orang berkunjung ke Curug ini untuk sekadar bersantai bersama keluarga, menikmati suara deburan air yang terbentur batu dan aliran air deras yang terus menerus menghujam tenangnya air di hilir (Uhuy, sastrawan banget ga tuh Minbek 😊). Ada juga yang datang untuk menyalurkan bakat fotografinya dengan memotret sana sini, lumayan buat jadi portofolio sama konten di medsos. Pokoknya Curug Parigi merupakan kawasan wisata yang ideal untuk sekedar bersantai dan menikmati keindahan alam surgawi di tengah ramai-ramai Kota Bekasi.

Namun sayangnya keindahan Curug Parigi terganggu oleh banyaknya sampah serta kondisi air yang berbuih serta bau. Hal tersebut terjadi bisa karena pembuangan limbah maupun dari prilaku manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Coba bayangin kalau keadaannya bersih berseri kayak dulu tuh bakal oke banget buat jadi tempat santai-santai kalau  lagi mumet sehabis capek kerja.

Gambar 3. Bapak Tri Adhianto sedang membersihkan sampah di Curug Parigi

Kabar gembiranya, di hari Rabu (8/7/2020) yang lalu. Wakil Wali Kota kita, Tri Adhianto atau yang lebih dikenal dengan Mas Tri telah memerintahkan Tim Katak dari Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan dan mengangkut sampah-sampah yang berserakan di Curug Parigi. Jangan salah, Minbek bareng Tim Bekasi Keren juga ikut bersihin sampah yang beserakan. Dan sekarang kondisi Curug Parigi udah bersih lagi nih Bekasinians. Tugas Kita sebagai masyarakat Kota Bekasi harus menjaga kebersihan Curug Parigi. Begitu juga dengan industri yang ada di sekitar sungai, tolong banget jangan buang limbahnya sembarang yak. Kan cakep kalau Curug Parigi jadi bersih, airnya bening biar kayak Niagara yang ada di Amerika itu lohhhh. Cakep kan??

Jadi gitu ya Bekasinians cerita dari Minbek tentang Curug Parigi, sekarang ayo pada kesono dah biar tau seindah apa tuh Curug Parigi. Kalau udah liat keindahannya, coba kasih tau Minbek ya apa yang paling Kamu senangi dari Curug Parigi, boleh dah bagiin ceritanya di kolom komentar.

Sampai jumpa di post selanjutnya!

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.