info bekasiSeni dan Musik

Mengenal Kliningan Tanji, Kolaborasi Budaya Betawi X Sunda

34kali dibaca

Hai Bekasinians!

Sejak dahulu hingga saat ini Bekasi memang menjadi salah satu tujuan kaum urban. Banyak orang melakukan urbanisasi ke Bekasi dengan berbagai tujuan, mulai sebatas bekerja hingga menetap dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut menjadikan Bekasi  kaya dengan suku dan budaya yang bercampur sehingga berkembang membentuk budaya khas Bekasi.

Gambar 1. Urbanisasi yang tinggi menjadikan budaya di Kota Bekasi bervariasi

Salah satu budaya yang terbentuk dari akulturasi dari budaya Betawi dan Sunda adalah Kliningan Tanji. Bekasinians tau gak sih apa itu Kliningan Tanji? Kliningan Tanji adalah kesenian yang dimainkan dengan seperangkat gamelan yang berlaras salendro (skala dalam alat musik gamelan) diiringi oleh juru sekar yang terdiri dari Sinden (penyanyi wanita) dan Wira Swara (penyanyi pria). Dimainkan dengan alat musik dari pertunjukan Tanjidor yaitu trombon dan piul (alat musik dari bambu yang berbentuk seperti biola).

Gambar 2. Penampilan Kliningan Tanji

Dalam sebuah pertunjukan biasanya terdapat beberapa wira swara dan sinden, yang menjadi peran sentral dalam pertunjukan Kliningan Tanji. Sedangkan lagu yang kerap ditampilkan dalam kesenian tradisional tersebut diantaranya Gaplek, Buah Kawung, Ande-Ande Lumut, dan Lembayung. Selain lantunan merdu para sinden dan wira swara, Kliningan Tanji juga menampilkan Japlin yaitu pertunjukan tari atau joget yang menambah meriahnya pertunjukan tersebut.

Kliningan Tanji sebenarnya mempunyai kemiripan dengan orkes tanjidor, yang menjadi pembeda adalah permainan gamelan salendro yang ada dalam pertunjukan kliningan. Pertunjukan kliningan tanji biasanya digelar saat masyarakat mengadakan hajatan, bahkan waktu pegelarannya bisa sampai 7 hari 7 malam loh 😱

Oh iya, Mimin mau ngasih tau nih perbedaan antara Kliningan Tanji di Kota Bekasi dan di Kabupaten Bekasi. Jika di Kabupaten Bekasi,  Kliningan Tanji lebih kental dengan nuansa Parahiyangan atau biasa disebut Sunda Parawitan. Sedangkan Kliningan Tanji di Kota Bekasi lebih kental dengan nuansa Betawi.

Sekian penjelasan Mimin tentang Kliningan Tanji. Gimana Bekasinian, kira-kira kamu udah pernah nonton pertunjukan seperti? Boleh cerita pengalaman kamu di kolom komentar yaaa. Sampai jumpa di post berikutnya ya Bekasinians!

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.