Life StyleSeni dan Musik

TikTok dan Dunia Musik: Pasangan Baru yang Mesra

90kali dibaca

Hai Bekasians!

When somebody loved me

Everything was beautiful

Gambar 1. Cie kamu tadi nyanyinya pake nada ya?

Pasti kamu nyanyinya pake nada ya Bekasinians? Hahahaha 😆. Kamu tau kan kalau lagu itu lagi hits di salah satu aplikasi? Yap itu adalah lirik lagu dari aplikasi TikTok—aplikasi yang sedang naik daun dan jadi tren di kalangan anak muda dunia. Tau gak sih kalau data dari Oberlo.com, menyatakan bahwa TikTok saat ini memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia dengan 41% penggunanya memiliki range umur dari 16-24 Tahun yang 90% penggunanya mengakses TikTok setiap hari; angka yang fantastis untuk sebuah aplikasi yang baru rilis pada September 2016.

Gambar 2. Semakin banyaknya pengguna TikTok dikarenakan pengguna bisa mengekspresikan diri disini

TikTok merupakan aplikasi video-sharing yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan musik sendiri atau musik yang sudah tersedia di TikTok, memasukkan filter, dan fitur kreatif lainnya. Nah TikTok sendiri dinaungi perusahaan Cina bernama ByteDance yang juga mengakuisisi aplikasi Musical.ly pada akhir 2017 dengan nilai 800 juta Dollar US.

Hal ini menjadikan suatu perubahan tren dalam industri musik, dimana sekarang para pengguna TikTok dapat mendengarkan musik baru dan ketika musik tersebut digunakan oleh banyak pengguna untuk membuat video, maka musik itu otomatis menjadi terkenal. Salah satunya adalah lagu Lil Nas X yang berjudul “Old Town Road” yang dinyanyikan bersama Billy Ray Cyrus mengalami ledakkan popularitas di TikTok.

Berkat popularitasnya di TikTok, Lil Nas X berhasil mendapatkan pendapatan sebelum pajak sebesar 14 juta US dollar😱 Angka yang sangat fantastis mengingat Lil Nas X adalah musisi baru yang saat itu hanya berusia 20 tahun. 4 bulan setelah gelombang popularitas lagu ”Old Town Road” di TikTok, Lil Nas X mendapatkan kontrak dari Columbia Records untuk meluncurkan EP (Extended Play; kumpulan singel yang jumlahnya kurang dari album, biasanya berjumlah 3 sampai 5 lagu).

Gambar 3. Lil Nas X, Rapper Amerika yang terkenal lewat lagu “Old Town Road”

Ngikutin jejaknya Lil Nas X, akhirnya musisi-musisi lainnya juga mulai menggunakan aplikasi TikTok sebagai alat untuk mempromosikan lagunya nih. Sebut aja Jonas Brothers yang menggunakan TikTok untuk menyajikan penampilan live mereka. Ada juga Post Malone membuat video-video lucu menggunakan lagu-lagunya dan Camilla Cabello membuat video menari dengan lagu-lagunya pula. Yaaap, TikTok sekarang  jadi media baru untuk memperkenalkan musik bagi para penikmatnya.

Bahkan tak hanya itu, TikTok juga dapat dijadikan wadah untuk mempromosikan bisnis loh. Banyak banget pelaku usaha yang memanfaatkan TikTok untuk ajang promosi produk, efeknya barang jualan mereka jadi viral dan penjualan jadi laris manis deh. Banyak juga menggunakan TikTok untuk mengedukasi hal-hal positif seperti tips sukses berbisnis, tips menabung dan lain-lainnya. TikTok yang notabene cuma aplikasi video-sharing sekarang bisa bermanfaat bagi sebagian orang, yaa asalkan kita menggunakannya untuk hal positif apapun bisa menjadi baik kan? 😊

Buruan deh pada download aplikasi TikTok, bakal nyari tips-tips yang bermanfaat. Tapi jangan keasikan main TikTok mulu yeee, nanti emak lu pada marah-marah karena anaknye rebahan mulu. Dah ah, sampai sini dulu ye. Bhabay!!

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.