InformasiLife Style

Tips Supaya Berat Badanmu Tetap Ideal Selama Pandemi

48kali dibaca

Biasanya tiap Selasa malam,  Jumat malam, dan Sabtu malam kamu main futsal sama temen-temen, kamu yang posisinya striker (soalnya kamu cuma bisa shoot-shoot doang) jadi gerak rutin tiap minggu gara-gara olahraga futsal yang emang seru banget. Jebret, tiba-tiba pandemi dateng; kamu jadi berhenti futsal soalnya kamu taat sama PSBB dan protokol kesehatan.

Gambar 1. Kamu pas lagi giring bola waktu futsal antar RT (tapi kok pada pake sarung sih?)

Dari April kemaren kamu stop olahraga kesukaanmu, kamu juga jadi dirumah aja karena kampus diliburin. Kerjaan kamu makan, makan, makan, makan, nonton netlix, makan, makan, makan, JEDUAR! Pas kamu nimbang berat kamu tiba-tiba naik 6 Kg.

Kamu panik, kamu coba-coba cari cara nurunin berat badan secara cepat. Kamu ngikutin metode diet Keto (diet dengan pola makan rendah karbohidrat) tapi emang gampangan mencegah daripada pas udah kejadian, karena perut kamu udah kebiasaan kemasukkan KaEpCee sama martabak rasa red velvet, akhirnya kamu nyerah, hiks.

OKE! Kita sudahi intronya, sekarang Minbek akan kasih tahu kamu cara biar bisa sehat dan punya berat badan yang ideal saat pandemi. Let’s go Bekasinians!

  1. Atur pola makanmu
Gambar 2. Atur pola makanmu terlebih dahulu

Ini udah pasti yang paling pertama ya, karena menurut Minbek mau kamu olahraga kayak apa juga kalo makannya gak dijaga juga ya tetep aja… JEDUAR! Coba dimulai dengan kontrol dulu nafsu kamu, karena kalau kamu gak bisa ngatur nafsumu kamu kayak… binatang dong?

Nah, kalau Minbek sih menyarankan kamu buat mengurangi makanan-makanan yang ada di poin di bawah ini ya:

  • Makanan yang manis:

Makan makanan yang mengandung gula secara sering itu gak baik loh, Fruktosa (gula sederhana) yang berlebihan bakal bikin tubuh kamu jadi makin lapar karena hormon leptin yang salah satu fungsinya untuk mengatur rasa lapar kamu malah terganggu.

  • Makanan yang berlemak:

Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi (gorengan dan kerabat-kerabatnya) bakal bikin berat badan kamu melesat loh Bek, jika rutin makan yang model begini kamu juga bakal terkena penyakit-penyakit yang gak diinginkan kayak penyakit jantung dan kanker 😖.

  1. Olahragalah, di rumah juga bisa kok!
Gambar 3. Jangan cuma rebahan doang, dirumah juga bisa loh olahraga!

Gimana sih cara olahraga di rumah? Banyak! Gak cuma futsal doang tau olahraga tuh 😅. Buat jaga berat badan, kamu bisa melakukan senam dengan liat contoh videonya di YouTube. Contohnya Yoga yang cara ngelakuinnya bisa kamu lihat di YouTube (Udah modern Bek, ini minbek ngasih tau intinya aja yah), atau daripada kamu cuma MTB yang kepanjangannya adalah Makan, Tidur, BAB kamu bisa juga bantu Mama bersih-bersih rumah, masak, bersihin kolam, nyuci, ah banyak dah pokoknya gerak aja kamu tuh.

  1. Tetap terhidrasi
Gambar 4. Minum air putih adalah salah satu cara yang bagus buat jaga berat badanmu

Minum air putih adalah koentji, kenapa begitu? Penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford pada tahun 2015 menunjukkan bahwa orang dewasa obesitas yang minum sekitar 500 ml air putih 30 menit sebelum makan, akan makan lebih sedikit dan berat badannya bisa turun sampai 1 kg. Jadi dengan meminum air putih kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan kamu.

  1. Konsumsi makanan yang lebih sehat
Gambar 4. Mukanya ngapain panik gitu hah? Buah itu enak kok!

“Ah ngomong doang mah gampang Min!”

Ih, Minbek bukan mau nyaranin kamu makan sayur-sayur terus ini 😁, tapi coba deh kamu mulai makan makanan yang dipanggang dan tidak berlemak. Misalnya kamu biasa makan ayam digoreng pake bumbu kuning atau ayam tepung, coba kamu makan ayam tapi dipanggang ajaa terus dikasih saus apa gitu biar enak Bek.

Atau kamu juga bisa makan lebih banyak buah, buah-buahan yang enak kayak mangga, pisang, apel, jeruk, dll gausah tiba-tiba gadoin tomat (eh tomat buah kan ya? 🥺). Pokoknya dengan lebih banyak makanan yang sedikit minyaknya dan lebih banyak seratnya, kamu bisa mengontrol kalori yang masuk ke tubuh dan tetap kenyang dengan sehat.

Oke, itu dia tips-tips dari Minbek biar kamu bisa tetap menjaga berat badan kamu Bek! Tapi ini cuma saran aja loh, karena yang bisa mengubah tubuh kamu ya hanya kamu sendiri Bek 😄.

Si Caca lagi benerin pipa

Terima sudah membaca, sampai jumpa

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Siti Sarah Dwi Nahla

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.