InformasiSejarah

10 Agustus 2020 : Hari Veteran Nasional, Mari Menghargai Jasa Para Veteran

109kali dibaca

Halo Bekasinians!

10 Agustus merupakan salah satu tanggal di bulan Agustus yang menjadi momen penghargaan para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, hari ini dirayakan sebagai Hari Veteran Nasional.

Veteran itu apa sih? Jadi veteran adalah (dari bahasa Latin vetus, tua) orang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer (tempur) ataupun penegakan hukum (kepolisian). Kalau di Indonesia sendiri, Veteran Nasional Indonesia merupakan warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain.

Gambar 1. Di hari veteran nasional ini, mari kita menghormati jasa para veteran

Peringatan ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pejuang nasional, salah satunya ketika gencatan senjata 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda. Pemerintah kemudian mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional.

Para pahlawan yang gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI atau WNI yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menjalankan misi perdamaian dunia pun ditetapkan sebagai para Veteran Nasional Indonesia dan berhak mendapatkan Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Gambar 2. Kongres LVRI

Untuk menghargai jasa para veteran, dibentuklah suatu organisasi bernama LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia). LVRI dibentuk pada sebuah kongres yang diadakan pada 22 Desember 1956 hingga 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta. Kongres itu dihadiri ribuan veteran Indonesia yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan pada 1945-1949.

Hak-hak para Veteran Indonesia

Di dalam Undang-undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia pada bab II pasal 3 dijelaskan, jenis Veteran Indonesia ditentukan berdasarkan peristiwa kevetaranan, terdiri atas:

  1. Veteran Perjuang Kemerdekaan Republik Indonesia, mereka yang berjuang pada periode 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1945
  2. Veteran Pembela Trikora, mereka yang berjuang pada periode 19 Desember 1961 sampai dengan 01 Mei 1963
  3. Veteran Pembela Dwikora mereka yang berjuang pada periode 3 Mei 1964 sampai dengan 11 Agustus 1966
  4. Veteran Pembela Seroja mereka yang berjuang pada periode 21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976
  5. Veteran Perdamaian, berdasarkan mandat PBB
Gambar 3. Pemerintah memberi penghargaan pada para veteran.

Selain itu, pada Peraturan Presiden (Perpres) 79/2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia dijelaskan beberapa hak-hak yang diterima oleh para veteran RI yaitu:

  1. Keringanan kewajiban pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  2. Keringanan pembayaran biaya penggunaan transportasi jasa angkutan penumpang
  3. Jaminan pemeliharaan kesehatan
  4. Keringanan biaya pendidikan
  5. Bimbingan usaha kecil dan menengah
  6. Memperoleh perlindungan hukum

Dengan jasa-jasa mereka yang besar, tidak salah dong Beks kalau para veteran mendapatkan banyak hak dari pemerintah Indonesia. Dan di hari ini kita sebagai masyarakat Indonesia, sepatutnya dapat menghargai jasa para veteran yang dahulu berjuang ya Beks.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya” – Ir. Soekarno

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.