Seni dan Musik

Agustusan Patriot: Beks, Ayo Desain Gapuramu dengan Menarik Pakai Tips-tips ini!

59kali dibaca

Hai Bekasinians!

Kembali lagi di rubrik Agustus Patriot yang akan hadir selama bulan Agustus ini Beks.

Biasanya kalau udah masuk bulan Agustus pasti lingkungan rumah dihias agar semarak Kemerdekaan lebih terasa. Mulai dari pasang bendera merah putih, bendera warna-warni ataupun menghias gapura dengan tema perjuangan.  Nah , gimana sih cara mengkreasikan gapura agar terasa semarak tujuh belasannya?

Oke langsung aja cekidots ya Beks:

  1. Jangan takut berkreasi di luar kebiasaan

Gambar 1. Contoh gapura kreatif

Berdasarkan pengamatan Minbek biasanya sih gapura-gapura hanya bertema merah putih dengan tulisan “selamat hari kemerdekaan ke-“, udah gitu doang. Juyjur rada bosen sih lihatnya. Coba deh mengusung tema Pandemi Covid-19, dengan figur dokter/perawat/tenaga medis yang menjadi pahlawan untuk berperang melawan virus corona. Hal tersebut juga bisa kamu persembahkan sebagai bentuk apresiasi maupun dukungan bagi mereka yang sedang berjuang di masa pandemi ini,

  1. Jangan terpaku sama gapuranya aja, jalan dan tembok juga bisa dihias!

Gambar 2. Jalan dibawah gapura juga bisa dihias loh

Gapura memang selalu jadi primadona utamanya, tapi gak ada salahnya kalau tembok ataupun trotoar yang ada di sekitar dikreasikan juga. Tembok yang polos bisa dihias dengan mural yang mempunyai cerita bagi siapapun yang melihatnya. Trotoar juga bisa di cat dengan warna-warni agar memanjakan mata yang melihatnya. Dengan begitu, meski Kemerdekaan RI tahun ini berada di masa pandemi, lingkungan sekitar tetap memberikan warna.

  1. Tampilkan ciri khas daerahmu

Gambar 3. Gapura yang menonjolkan kebudayaan daerah dengan adanya golok sebagai hiasan

Coba pikir-pikir deh, kira-kira ada gak sih hal apa sih yang unik dari daerahmu? Contohnya kalau di kawasan rumah kamu ada banyak tambak ikan Gabus Pucung, jadikan ciri khas tersebut menjadi icon utama yang ada di gapura. Selain semarak Kemerdekaan, ciri khas daerahmu juga bisa ditonjolkan dengan adanya icon tersebut.

  1. Meriah boleh tapi jangan lebay

Gambar 4. Simpel tapi menonjol

Berbagai macam ide datang dari masing-masing masyarakatnya nih. Kadang yang mau gapuranya digambar muka Soekarno, ada yang mau pake muka Muhammad Yamin, tetangga sebelah rumahmu mengajukan muka Soeharto dan masih banyak saran-saran wajah tokoh lainnya. Akhirnya pak RW mengusulkan:

“Yasudah daripada misuh-misuh, lebih baik kita masukkan aja semua wajah tokoh yang bapak ibu sarankan ke gapura kita.”

Eits, jalan tengah yang pak RW sarankan kayaknya bakal bikin gapuramu keramean Beks. Kalau terlalu penuh malah bakal terkesan asal-asalan loh, jadi pilih ide desain yang terbaik aja ya Beks. Minimalis adalah kunci, jadi gapuramu tetap terlihat menonjol tapi gak berlebihan.

Dah ah segitu aja tips dari Minbek supaya gapura di sekitar rumah kamu semakin menarik di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Yooook kita teruskan perjuangan para pahlawan, caranya gimana? Jadi generasi muda yang membanggakan dan berguna bagi lingkungan sekitar ya Beks.

Minbek cabut dulu ya, dadahh 😃

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

 

 

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.