Sejarah

Hari Pramuka Ke-59: Berani, Tangguh, dan Berkarakter

99kali dibaca

Hai bekasinians,

Tau gak sih kalau setiap tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka? Yap, tahun ini Pramuka berusia 59 tahun. Udah lumayan tua lah ya hihi 😁

Praja Muda Karana atau biasa disebut pramuka merupakan sebuah kegiatan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dan bentuk karakter. Sejarah pramuka itu sendiri berawal dari negara inggris dalam gagasan Baden-Powell yang merupakan Bapak Pandu Sedunia.

Pada awalnya, Baden-Powell memiliki pengalaman dalam membina remaja di negara inggris dan kemudian dikembangkan menjadi gerakan kepramukaan. Dan ajaran-ajarannya juga masuk ke Indonesia, yang diadaptasi dan disesuaikan dengan kebudayaan kita. Simak kuy Beks, sejarah singkat dan peran pramuka di masa pandemi ini!

Sejarah Pramuka dan sekelumit cerita tentang Sultan Hamengkubuwono IX

Bangsa Indonesia dikenalkan dengan konsep pramuka pada tahun 1912 , Javaansche Padviders Organisatie yang diprakarsai oleh S.P. Mangkunegara VII merupakan cabang dari organisasi pramuka milik Belanda Beks. Organisasi pramuka di Indonesia dulu dikenal dengan nama Kepanduan loh, baru pada tahun 1961 Sri Sultan Hamengkubowono IX mengumpulkan seluruh organisasi kepanduan yang ada di Indonesia dan menjadikannya Pramuka yang diambil dari kata poromuko yang artinya pejuang terdepan di medan perang.

Gambar 1. Sultan Hamengkubuwono IX, Bapak Pramuka Indonesia

Gerakan pramuka yang digagas oleh Hamengkubuwono IX ini memiliki tujuan yang sangat mulia loh, yaitu untuk memberikan muda-mudi Indonesia sebuah pembelajaran diluar lingkungan sekolah dan keluarga yang dapat membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti. Sultan Hamengkubuwono IX sebagai pelopornya memiliki sifat budi pekerti luhur yang dapat kita teladani, ada suatu cerita yang dikutip dari buku ‘Hamengkubuwono IX, Inspiring Prophetic Leader, Memimpin dengan Kecerdasan Intelektual dan Spiritual’.

Salah satu cerita di buku itu adalah bagaimana mobil Sri Sultan yang ingin menuju Gunung Sibayak harus berhenti di tengah jalan karena diserempet oleh mobil lain, pengawalan yang mengawal Sri Sultan langsung turun dari mobil untuk menghampiri mobil tersebut. Tinju keras langsung dilayangkan oleh pengawal mobil dari Sri Sultan, tetapi Sri Sultan langsung melerai. Semua langsung jadi adem ayem, senyum Sri Sultan menenangkan semuanya, kedua mobil langsung berjalan kembali ke tujuan masing-masing. Inilah salah satu dari sekian banyak sifat sultan yang wajib diteladani, self control yang baik.

Gambr 2. Sri Sultan dianugerahi Bronze Wolf Award

Karena jasanya yang besar bagi dunia kepramukaan, beliau dianugerahi Bronze Wolf Award dari World Organization of the Scout Movement (WOSM) pada tahun 1973. Bronze Wolf Award merupakan penghargaan tertinggi dan satu-satunya dari World Organization of the Scout Movement (WOSM) kepada orang-orang yang berjasa besar dalam pengembangan kepramukaan.

Apa pengabdian Pramuka di kala pandemi ini?

Dengan keadaan pandemi seperti ini, Kwarnas sebagai organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka Nasional mengangkat tema tentang “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid dan bela negara diangkat oleh Kwartir Nasional.

Gambar 3. Pramuka juga berperan dalam pencegahan Covid-19

Sejalan dengan upayanya dalam membentuk satuan tugas penanggulangan covid dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

Kwarnas juga mengharapkan bahwa rencana revisi UU no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka tetap dilanjutkan oleh DPR dan juga pemerintah, dengan begitu pramuka dapat lebih memberikan andil lebih untuk membantu masyarakat Indonesia untuk mengatasi Covid-19

Jadi beks, walaupun kita sedang mengalami pandemi seperti ini kita juga bisa kok ikut merayakan Hari Pramuka dengan berupaya mengedukasi masyarakat sebagai upaya pencegahan Covid-19 ini loh.😀

Minbek sign out dulu ya, dadaah!

Penulis: Icha

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.