Life Style

5 Tips Mengurangi Polusi Udara, Untuk Bekasi yang Sehat dan Asri

60kali dibaca

Hai Bekasinians!

Di 22 September ini ada Hari Bebas Kendaraan Bermotor loh Beks, jadi kita bakal bahas nih bagaimana caranya agar kamu bisa lebih menjaga emisi udara agar tidak melebihi batasnya nih Beks! Kalo lingkungan kamu minim polusi, kamu pasti lebih nyaman ketika berada diluar kan? Yuk cari tahu caranya Beks!

Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Gambar 1. Sepedaan bisa bikin polusi berkurang loh Beks

Transportasi di jalanan merupakan penghasil Nitrogen Oksida terbesar. Nitrogen oksida merupakan polutan udara yang memiliki efek buruk terhadap paru-paru. Masalah polutan yang berbahaya dari kendaraan bermotor dapat dirasakan di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat.

Cara untuk mengurangi emisi polusi udara ini bisa dengan berkendara menggunakan sepeda atau alat transportasi ramah lingkungan lainnya. Kamu juga bisa naik transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah Beks; pemerintah Kota Bekasi telah menyediakan Transpatriot untuk dapat kamu gunakan sehari-hari dan dapat mengurangi polusi udara.

Stop Merokok!

Gambar 2. Stop merokok Beks dapat membuat dunia segar

Asap rokok merupakan salah satu penyebab polusi udara di dalam ruangan yang paling umum. Sehingga, menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi polusi udara yang ampuh. Bahaya merokok pun tidak hanya dapat merusak kesehatan perokok aktif dan perokok pasif, tapi juga perokok ketiga.

Perokok ketiga atau third hand smoke, tidak perlu berada di ruangan yang sama dengan perokok untuk merasakan dampak buruknya. Sebab, partikel berbahaya asap rokok bisa menempel di berbagai fasilitas umum yang pernah terpapar polusi ini. Udahlah Beks, daripada duitnya buat beli rokok mending untuk keperluan kamu yang lain aja! ๐Ÿ˜

Membeli Produk Daur Ulang

Gambar 3. Daur Ulang bisa mengurangi sampah yang ada loh

Terdapat banyak proses yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk. Mulai dari bahan baku yang perlu ditambang, di angkut, diolah hingga akhirnya diubah menjadi produk siap pakai. Setiap tahap pembuatan suatu barang, disertai dengan emisi, bahan kimia gas rumah kaca, dan polutan lainnya.

Dengan menggunakan produk daur ulang, penggunaan energi dan polusi bisa berkurang. Jadi Beks, kamu harus mengusahakan untuk mencari produk daur ulang ya sebelum membeli sesuatu.

Menggunakan Produk yang Sustainable

Gambar 4. Produk yang sustainable seperti kemasan kertas sangat bagus untuk keberlangsungan bumi

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam International Journal of Science menyatakan bahwa 22 persen kematian dini yang disebabkan oleh polusi udara terjadi di negara-negara yang memproduksi barang โ€˜murah.โ€™ Negara yang memproduksi barang murah tidak memiliki batasan emisi lalu udara kotor yang berasal dari negara mereka juga menjadi udara yang kita gunakan untuk bernapas.

Pola konsumsi kita terhadap sesuatu, mempengaruhi tingkat polusi udara secara global. Jadi, pikir dua kali sebelum membeli barang baru demi kualitas udara yang lebih baik. Jika kamu benar-benar membutuhkan produk baru, kamu bisa mencari perusahaan yang berkomitmen dalam mengurangi polusi udara.

Menanam Pohon

Gambar 5. Menanam pohon untuk keberlangsungan bumi di masa depan nanti

Menanam pohon di sekitar rumah merupakan langkah kecil yang dapat mengurangi polusi udara secara signifikan. Berdasarkan penemuan para peneliti dari University of Southampton, pohon menyerap 850-2.000 ton partikel berbahaya dari udara perkotaan setiap tahunnya.

Selain menghilangkan partikel, pohon juga menurunkan kadar nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon dioksida dan monoksida, ozon, benzena, dan dioksin. Pohon yang ditanam di rumah kamu juga mampu memperlambat udara yang tercemar agar tidak dibawa jauh oleh angin.

Pemerintah Kota Bekasi sendiri telah menanam berbagai tumbuhan di tengah-tengah kota, Pemkot juga telah menyediakan hutan kota agar Bekasi tetap memiliki jantung ditengah hiruk pikuk kota.

Itu dia Beks, cara-cara agar kamu bisa mengurangi polusi udara di Kota kita. Kamu udah ngelakuin yang mana nih? Atau malah belum sama sekali? ๐Ÿ˜ž Kalau belum, ayo dong Beks dilaksanakan, biar Kota kita makin bersih dan minim polusi. Jadi semua orang bisa bernafas dengan lega di Kota kita tercinta ini ya.

Sampai jumpa di post berikutnya ya!

Penulis: Irza Fauzan

Editor: Nilam Baiduri

Leave a Response

Irza Fauzan
Intern Content Writer buat Bekasi Keren, suka makan burger, burger, dan burger.